Kamis 16 Nov 2023 12:48 WIB

Tes Rambut Lee Sun Kyun tak Dapat Diuji, Polisi Terus Cari Bukti Lain

Aktor Lee Sun Kyun telah menjalani sejumlah pemeriksaan lainnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Aktor Lee Sun-kyun
Foto: Dok. TVN
Aktor Lee Sun-kyun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Lee Sun Kyun tengah menghadapi tuduhan penggunaan narkoba. Sejauh ini dia telah menjalani pemeriksaan, dengan hasil negatif untuk tes urine dan rambut. 

Sekarang tes bulu kakinya dilaporkan “tidak dapat diuji”. Polisi akan berupaya mencari cara lain untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Baca Juga

Pada 15 November, Badan Kepolisian Metropolitan Incheon mengumumkan bahwa Lee Sun Kyun menjalani tes bulu kaki. Selama penyelidikan pertama terhadap Lee Sun Kyun bulan lalu, polisi mengambil sampel bulu kaki dan rambut serta permintaan pemeriksaan mendetail ke Badan Forensik Nasional (NFS). 

“Namun, kami menerima pemberitahuan yang ‘belum dapat diuji’ untuk bulu kaki Lee Sun Kyun,” demikian pernyataan Badan Kepolisian Metropolitan Incheon, seperti dilansir dari Koreaboo, Kamis (16/11/2023).

 

Sebelumnya, Lee Sun Kyun mendapat hasil negatif, baik pada tes urine narkoba maupun pemeriksaan rambut secara detail. Sementara hasil tes bulu kaki, yang tidak terlalu terpengaruh oleh faktor-faktor seperti pewarnaan dan pemutihan dibandingkan rambut kepala dianggap bisa lebih akurat sebagai bukti penting untuk menentukan dugaan penggunaan narkoba. 

Namun, tes ini pun menghadapi putusan yang “tidak dapat diuji” sehingga menyebabkan lebih banyak kebingungan dalam penyelidikan.

Pengacara An Ji Sung mengomentari kasus ini, dengan mengatakan bahwa biasanya sulit untuk mendapatkan putusan yang “tidak dapat diuji” dalam tes narkoba pada bulu kaki dan memperkirakan bahwa pasti ada kesalahan selama tes tersebut.

Sangat sulit untuk mengeluarkan putusan yang 'tidak dapat diuji', kecuali jika bulu kaki terlalu tipis atau terlalu sedikit yang dikumpulkan. Ji Sung yakin polisi melakukan proses pengumpulan dengan cermat. “Namun, sepertinya ada masalah selama proses pengumpulan,” kata dia.

Berkaca dari masa lalu, ada beberapa kasus di mana bulu kaki dapat secara akurat mendeteksi penggunaan narkoba, sedangkan bulu kepala tidak dapat mendeteksi penggunaan narkoba. Pada 2019, penyanyi Park Yoochun, yang dituduh menggunakan narkoba, mendapat hasil negatif dalam tes urine dan rambut tetapi dinyatakan positif dalam tes bulu kaki. 

Oleh karena itu, meski tes Lee Sun Kyun lainnya tidak mendeteksi narkoba, banyak yang menunggu hasil tes bulu kakinya. Polisi dilaporkan mempertimbangkan untuk memanggil Lee Sun Kyun lagi untuk mengumpulkan lebih banyak sampel.

Pada 10 November, G-Dragon, yang juga dituduh menggunakan narkoba, dilaporkan telah menghilangkan seluruh bulu di tubuhnya saat ia dites narkoba. Hal ini membuat polisi percaya bahwa ia sengaja menghilangkan barang bukti karena kasus sebelumnya di mana selebritas yang bersalah menghilangkan bulu tubuh mereka sebelum tes narkoba. G-Dragon juga menerima hasil negatif dalam tes urine narkobanya.

Dengan munculnya hasil negatif berturut-turut dalam tes narkoba, fokusnya sekarang adalah bagaimana polisi akan menyimpulkan penyelidikan narkoba ini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement