Sabtu 30 Dec 2023 14:14 WIB

Tips Siapkan Menu Bakar-bakaran Simpel untuk Malam Tahun Baru

Menyesuaikan gaya memasak dapat memberikan variasi rasa yang menarik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sate ayam khas Jepang, Yakitori. Proses marinasi yang optimal hanya membutuhkan waktu satu hari.
Foto: Pxhere
Sate ayam khas Jepang, Yakitori. Proses marinasi yang optimal hanya membutuhkan waktu satu hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menyambut momen pergantian tahun baru, chef Ari Galih menekankan kebahagiaan terbesar terletak pada kebersamaan dengan keluarga dan teman. Menurut dia, momen istimewa bisa tercipta dengan memilih menu bakar-bakaran yang praktis dan lezat.

Menurut chef Galih, daging menjadi salah satu menu utama yang bisa dihadirkan dalam perayaan bakar-bakaran. Namun, untuk menghadirkan cita rasa yang istimewa, kita cukup dengan menggunakan dua bumbu saja.

Baca Juga

Bahan beraroma seperti jinten menjadi salah satu referensi terbaik. Cara sederhana ini dapat dilakukan dengan mengoleskan bumbu jinten pada daging sirloin, ditambah dengan garam dan lada.

Bagi yang ingin mencoba variasi gaya bakar-bakar, chef Galih memberikan beberapa referensi seperti gaya Amerika dengan barbeque, gaya Korea dengan saus gochujang, atau gaya Jepang dengan metode teppanyaki. Menyesuaikan gaya memasak dapat memberikan variasi rasa yang menarik.

Untuk hidangan laut, chef Galih menyarankan untuk memilih jenis ikan dengan daging putih dan fillet meskipun harganya cenderung lebih mahal. Untuk ikan air tawar, dia menekankan perlu perhatian khusus karena cenderung lengket, sehingga harus dibumbui dengan menggunakan cabai.

"Proses marinasi yang optimal hanya membutuhkan waktu satu hari. Ini membantu rasa bumbu lebih meresap pada daging, sehingga aroma dan cita rasa menjadi lebih kaya," kata chef Galih kepada Republika.co.id, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement