Ahad 17 Dec 2023 17:41 WIB

Resep Gyeran-mari, Telur Dadar Gulung Ala Korea yang Populer Berkat K-Drama

Gyeran-mari teksturnya lembut, empuk, dan kenyal, serta rasanya gurih.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Gyeran-mari, telur dadar gulung khas Korea.
Foto: Dok kimchimari
Gyeran-mari, telur dadar gulung khas Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gyeran-mari termasuk salah satu menu kuliner populer dari Korea Selatan yang diketahui banyak penonton K-drama. Pasalnya, hidangan sampingan alias banchan Korea berupa telur dadar gulung ini kerap muncul di berbagai tayangan K-Drama.

Salah satunya, di serial drama Boys Over Flowers yang tayang perdana pada tahun 2009. Dalam serial, tokoh utama perempuan Geum Jan Di (Koo Hye Sun) sering membuatkan gyeran-mari sebagai bekal untuk kekasihnya, tokoh utama pria Gu Jun Pyo (Lee Min Ho).

Baca Juga

Secara istilah, "gyeran" memang bermakna "telur", dan "mari" adalah sesuatu yang digulung. Gyeran-mari sebenarnya tak jauh berbeda dengan telur dadar biasa yang digulung. Akan tetapi, gyeran-mari menjadi khas dengan berbagai bahan cincang sesuai selera.

Bahan cincang itu bisa berupa sayur-sayuran (bawang bombai, daun bawang, wortel, rumput laut) jamur, daging olahan (daging asap, tuna, daging kepiting), makanan laut asin atau digarami, bahkan keju. Penambahan berbagai hal itu bisa dilakukan sesuai selera.

Bagi yang tak mau repot dan sedang terburu-buru, juga bisa saja hanya menggunakan telur dan daun bawang tanpa tambahan lainnya. Tentunya, disesuaikan dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur dan keluangan waktu yang dimiliki.

Kekhasan lain dari gyeran-mari adalah tekstur yang lembut, empuk, dan kenyal, serta rasa yang gurih. Memasaknya hanya butuh waktu kurang dari 20 menit. Gyeran-mari bisa disantap sebagai camilan, bersama nasi hangat, atau berbarengan dengan hidangan Korea berbumbu kuat seperti kimchi jjigae.

Berbagai resep gyeran-mari bisa didapatkan di internet. Salah satunya dibagikan oleh situs kimchimari.com sebagai berikut.

 

Bahan utama

- 5 butir telur

- 2 sendok makan air

- 1/4 sendok teh garam

- 2 sendok makan daun bawang cincang

- 2 sendok makan wortel potong dadu

- 2 sendok makan daging sapi cincang

Cara pembuatan

- Kocok lepas telur menggunakan garpu, sumpit, atau whisk.

- Masukkan air, garam, dan potongan bahan yang sudah dicincang. Aduk rata.

- Panaskan minyak di teflon dengan api sedang.

- Tuang satu sendok adonan ke teflon, lalu gulung.

- Tambahkan lagi adonan sedikit demi sedikit hingga semuanya habis dan gulung terus-menerus.

- Angkat telur, potong-potong, dan sajikan.

Situs kimchimari menjelaskan, ada perbedaan gyeran-mari yang disajikan di beberapa negara. Versi Koreanya cenderung gurih dan bahan dasarnya dibuat hanya dengan telur atau telur ditambah sedikit air. Versi Jepang biasanya manis karena ada tambahan kaldu ikan, gula, dan kecap.

Untuk tips antigagal membuat gyeran-mari, situs itu menyarankan menggunakan ukuran penggorengan yang tepat. Sesuaikan dengan jumlah telur yang dipakai. Penambahan bumbu juga bisa disesuaikan, apakah gyeran-mari akan disantap begitu saja atau bersama makanan lainnya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement