Jumat 29 Dec 2023 09:42 WIB

Ide Wisata di Jakarta dan Sekitarnya, Seru Juga untuk Anak-Anak

Di Jakarta dan sekitarnya juga ada lokasi wisata yang cocok untuk anak-anak.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Perahu bersandar di Dermaga Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (24/6/2022). Pulau Tidung dapat menjadi destinasi wisata akhir tahun bersama keluarga.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Perahu bersandar di Dermaga Pulau Tidung Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (24/6/2022). Pulau Tidung dapat menjadi destinasi wisata akhir tahun bersama keluarga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Momen libur akhir tahun menjadi kesempatan bagi banyak orang untuk berwisata bersama keluarga. Di sekitar Jabodetabek, ada berbagai destinasi menarik bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama.

1. Taman Margasatwa Ragunan

Baca Juga

Taman Margasatwa Ragunan menyajikan lebih dari 2.000 satwa dan 50 ribu pohon, sehingga menciptakan suasana sejuk dan nyaman di tengah kota. Terletak di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, taman ini adalah hutan tropis mini dengan keanekaragaman hayati tinggi.

2. Kota Tua

Kota Tua menampilkan bangunan-bangunan kolonial Belanda yang telah diubah menjadi museum, kafe, dan galeri seni. Kawasan ini, yang berada di Mangga Besar, Taman Sari, Jakarta Barat, menghadirkan suasana abad ke-17.

3. Pantai Ancol

Wisata pantai di Ancol menawarkan pesona yang beragam, terdiri dari beberapa pantai menawan dan berbagai wahana taman bahari yang cocok untuk liburan bersama keluarga. Lokasinya terletak di Pademangan, Jakarta Utara.

4. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan wadah bagi ilmu pengetahuan dan memiliki banyak spot menarik seperti taman durian, taman Meksiko, dan museum zoologi. Terletak di Jalan Juanda, Kota Bogor, tempat ini mengawali perkembangan ilmu botani di Indonesia.

5. Monumen Nasional (Monas)

Monas, yang merupakan landmark Jakarta, adalah tempat bersejarah yang indah dengan berbagai fasilitas seperti Relief Sejarah Indonesia dan Ruang Kemerdekaan. Berlokasi di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Monas menjadi destinasi yang menarik untuk mengenal sejarah.

Bagi yang ingin menikmati alam atau edutainment bersama anak-anak, berikut lima rekomendasi di Jabodetabek:

1. Little Venice Kota Bunga, Puncak

Lokasi ini menyajikan pemandangan khas Kota Venice dengan kanal dan perahu Gondola. Terletak di Cianjur, Jawa Barat, tempat ini juga memiliki replika ikon bangunan dari beberapa negara.

2. KidZania Pacific Place

KidZania memungkinkan anak-anak menjelajahi berbagai profesi impiannya di dalam kota mini yang mengagumkan. Berlokasi di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, tempat ini menawarkan konsep unik yang menggabungkan rekreasi dengan pembelajaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement