Kamis 28 Dec 2023 09:00 WIB

Trik Nyaman Berlibur Saat Destinasi Wisata Sedang Padat Banget

Saat peak season, destinasi wisata favorit niscaya dipadati pengunjung.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Sejumlah wisatawan berfoto dengan gawainya saat mengunjungi Puncak Seruni Point di Probolinggo, Jawa Timur, Ahad (3/12/2023). Platform layanan perjalanan Bounce menempatkan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di posisi tiga teratas taman tercantik di dunia di bawah Taman Nasional Kruger (Afrika Selatan) pada peringkat pertama dan Taman Nasional Len—is Maranhenses (Brazil) pada peringkat kedua.
Foto:

Luar Negeri

Bila memiliki bujet yang cukup, berwisata ke luar negeri saat peak season juga bisa menjadi alternatif. Fahmi merekomendasikan negara-negara dengan sistem transportasi umum yang mumpuni sebagai tujuan wisata, seperti Jepang dan Singapura.

Opsi lainnya adalah mengunjungi negara-negara yang tidak terlalu ramai penduduk. Salah satunya adalah Australia.

"Ini juga (untuk) menghindari terjebak kemacetan," kata Fahmi.

Sesuaikan Waktu dengan Anak

Fahmi merekomendasikan keluarga yang sudah memiliki anak untuk menjadwalkan liburan bersama, setidaknya satu hingga dua tahun sekali. Bila tak ingin berwisata di saat peak season, orang tua bisa menentukan waktu lain untuk berwisata.

Salah satu kendala berwisata di luar peak season atau musim liburan adalah ketersediaan waktu. Orang tua mungkin harus mengajukan cuti ke kantor dan anak-anak terpaksa izin sementara dari sekolah.

"Tapi ini nggak masalah sih, karena misalnya nanti anak sudah besar, orang tua tidak akan punya banyak kesempatan lagi untuk liburan bersama anak. Atau bisa juga memanfaatkan hari kejepit untuk memaksimalkan liburan," kata Fahmi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement