Rabu 27 Dec 2023 10:00 WIB

5 Langkah Buat Hidup Lebih Sehat di 2024

Tahun baru dapat menjadi momen yang tepat untuk mulai memperbaiki gaya hidup.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Orang tua dan anak berolahraga bersama (ilustrasi). Memperbaiki gaya hidup dapat membuat tubuh lebih sehat, salah satunya dengan teratur berolahraga.
Foto:

3. Pantau Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa terjadi tanpa memunculkan gejala berarti. Satu-satunya cara yang paling efektif untuk mendeteksi tekanan darah tinggi adalah dengan melakukan pemantauan secara berkala. Bila memungkinkan, dr Osborn menyarankan orang-orang untuk memiliki alat pengukur tekanan darah atau tensimeter di rumah.

Selain itu, penting juga melakukan beragam upaya untuk menjaga kadar tekanan darah tetap terkontrol. Beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah menerapkan pola makan yang sehat dan tidak tinggi garam, olahraga secara rutin, serta mengelola stres.

4. Cek Darah

Skrining dan deteksi dini juga sebaiknya dilakukan melalui pemeriksaan darah secara berkala. Beberapa pemeriksaan darah yang direkomendasikan oleh dr Osborn adalah tes HbA1c untuk melihat kontrol gula darah selama tiga bulan, tes profil lipid untuk melihat kadar kolesterol darah, dan tes CRP yang dapat memberikan gambaran terkait peradangan di dalam tubuh.

5. Manajemen Stres

Pengelolaan stres merupakan bagian yang tak terpisahkan dari gaya hidup sehat. Kadar stres yang tinggi secara terus-menerus bisa meningkatkan risiko hipertensi, resistensi insulin atau pradiabetes, hingga kadar testosteron yang rendah. Kadar testosteron yang rendah dapat mempengaruhi kadar energi, libido, serta komposisi tubuh.

Ada beberapa aktivitas yang bisa membantu orang-orang mengelola stres dalam keseharian. Sebagian di antaranya adalah latihan bernapas dalam, yoga, meditasi, hingga beraktivitas di alam terbuka. Mendapatkan tidur yang cukup juga berperan penting dalam pengelolaan stres.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement