Ahad 24 Dec 2023 12:18 WIB

Cara Bersihkan Humidifier yang Benar Agar tak Cepat Rusak

Humidifier yang kotor justru bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Humidifier (ilustrasi). Ada beberapa cara terbaik untuk membersihkan humidifier.
Foto: Dok. Freepik
Humidifier (ilustrasi). Ada beberapa cara terbaik untuk membersihkan humidifier.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelembap udara atau humidifier berguna untuk orang-orang yang tinggal di daerah beriklim kering. Alat tersebut juga berguna selama musim dingin, memastikan seseorang memiliki cukup kelembaban di rumah saat Anda tidak ingin membuka jendela dan membiarkan udara luar yang dingin. 

Dilansir Digital Trends pada Jumat (22/12/2023), menjaga pelembap udara tetap bersih tidak hanya penting untuk kinerjanya, tetapi juga penting untuk kesehatan Anda. Menurut Mayo Clinic, humidifier yang kotor justru bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri, bahkan mesin itu bisa membuat Anda sakit jika tidak dirawat dengan baik.

Baca Juga

Berikut cara membersihkan humidifier Anda, langkah demi langkah. Langkah pertama, cabut steker humidifier. Jika Anda tidak ingin merusaknya (atau melukai diri Anda sendiri), pastikan kabelnya dicabut. 

Langkah kedua, bersihkan filternya. Silakan lepaskan filter udara humidifier. Jika filter Anda terlihat kotor, bersihkan dengan air dingin dan bersih. Setelah filter benar-benar bersih, diamkan dan keringkan sepenuhnya di atas handuk bersih. Beberapa pelembap udara mungkin tidak menggunakan filter. Dalam hal ini, lanjutkan ke langkah berikutnya. 

Langkah ketiga, bongkar unit. Setelah Anda melepas filter, keluarkan tangki air. Beberapa humifidier terbaik tidak memungkinkan Anda membongkar tangki air dan alasnya. Jangan paksa bagian-bagian ini untuk dibongkar. Bongkar hanya sesuai model pelembap spesifik Anda.

Langkah keempat, bersihkan alas dan tangki. Isi alas dan/atau tangki dengan cuka putih. Setelah terisi, diamkan selama 30 menit hingga satu jam. 

Setelah itu, tuangkan cuka dan gunakan sikat gigi untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel di humidifier. Jika noda tidak kunjung hilang, tuangkan sedikit cuka langsung ke sikat dan gosok bagian yang tertutup kotoran. 

Langkah kelima, bersihkan bagian-bagian yang tersisa. Gunakan kain yang dibasahi cuka dan air untuk menyeka bagian luar mesin dan bagian-bagian lainnya. Ini akan membantu mengurangi lebih lanjut pertumbuhan debu, jamur, dan bakteri. 

Langkah keenam, bilas mesin secara menyeluruh. Setelah Anda membersihkan semua kotoran dari mesin, Anda akan melihat pelembap udara masih berbau cuka. Untuk menghilangkan baunya, bilas dan tangki secara menyeluruh dengan air hangat (Anda mungkin harus membilasnya berkali-kali), lalu biarkan hingga benar-benar kering. 

Seberapa sering Anda harus membersihkan mesin secara mendalam? Itu tergantung seberapa sering Anda menggunakannya. Jika Anda perlu menggunakan pelembab udara sepanjang hari, setiap hari, Anda harus membersihkannya sepekan sekali. 

Jika Anda hanya menggunakannya pada malam hari atau sesekali saat musim kemarau, maka bersihkanlah minimal sebulan sekali. Sebaiknya ganti humidifier setiap tiga hingga lima tahun sekali. 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement