Selasa 19 Dec 2023 07:53 WIB

Wanita Inggris Ini Rasakan Perihnya Ketika Usus Kecilnya Hampir Meledak

Penyakitnya bukan kanker tapi komplikasi usus yang disebabkan infeksi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi usus.
Foto: www.freepik.com.
Ilustrasi usus.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Seniman kontemporer asal Inggris Tracey Emin menjalani pemulihan setelah mengalami masalah usus yang disebutnya sangat menyakitian. Emin, yang menjalani operasi besar untuk mengobati kanker kandung kemih pada 2020,  mengatakan dia memang suka bepergian sebelum merasakan kondisi buruk di ususnya.

Menurut dia, penyakitnya bukan kanker tapi komplikasi pada usus yang disebabkan infeksi. Dia merasakan kondisi yang semakin memburuk usai terbang dengan pesawat.

Baca Juga

“Usus kecil saya hampir meledak. Beruntung bagi saya, saya berada di Thailand dalam perjalanan kembali dari Australia, jadi saya menghabiskan beberapa hari di rumah sakit yang sangat bagus dan sekarang memulihkan diri dalam kemewahan,” kata dia dalam unggahan Instagram, dilansir dari CNN, Selasa (19/12/2023).

Seniman berusia 60 tahun itu menjadi terkenal pada tahun 1998 lewat instalasinya yang sangat jujur, “My Bed.” Tempat tidur yang tidak terawat itu terpilih untuk Turner Prize dan kemudian terjual lebih dari 4 juta dolar AS. Karya ini gambaran kehidupan pribadinyanya.

Pada tahun 2000, Emin menjadi tokoh terkemuka dalam gerakan Artis Muda Inggris (YBA), yang dikenal karena karya-karyanya yang jujur dan penuh pengakuan.

Emin sebelumnya mengungkapkan bahwa kanker kandung kemih sel skuamosa yang dideritanya pada tahun 2020 adalah jenis penyakit sama yang pernah diderita dan menyebabkan ibunya meninggal di 2016.

Setelah berjuang melawan kanker, Tracey Emin kembali ke dunia seni dengan karya-karyanya. "Itu semua bergantung pada operasi. Untungnya, saya mempunyai seorang ahli bedah yang luar biasa,” katanya.

Emin menjalani operasi selama enam setengah jam. Dia ditangani oleh tim medis yang terdiri atas 12 ahli bedah untuk mengangkat kandung kemih, uretra, rahim, saluran tuba, ovarium, sebagian usus besar, dan bagian vaginanya. Namun kabar krusialnya adalah kanker tersebut belum menyebar ke kelenjar getah beningnya.

Semua pengalaman berat yang dialaminya dia bagikan melalui media. “Saya telah mengalami banyak hal buruk yang terjadi dalam hidup saya dan hal itu memberikan manfaat yang baik bagi saya saat ini. Saya memiliki selera humor. Saya memiliki keinginan untuk hidup dan bertahan hidup," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement