Senin 18 Dec 2023 12:13 WIB

Anak Jessica Iskandar Kena Limfadenitis, Apa Gejalanya?

Periksakan ke dokter jika curiga anak Anda terkena limfadenitis.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Limfadenitis adalah istilah medis untuk pembesaran satu atau lebih kelenjar getah bening, biasanya akibat infeksi.
Foto:

Gejala limfadenitis

Gejala utama limfadenitis adalah pembesaran kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening dianggap membesar jika lebarnya sekitar 1,5 inci atau 3,8 sentimeter.

Gejala lain mungkin terlihat seperti kondisi medis berbeda, seperti demam. Untuk menangani limfadenitis, jenis pengobatan disesuaikan dengan jenis infeksi dan penyebabnya.

Perawatan untuk limfadenitis mungkin termasuk pemberian antibiotik oral atau suntikan untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, obat untuk mengendalikan rasa sakit dan demam, dan obat untuk mengurangi pembengkakan. Pembedahan untuk mengeringkan kelenjar getah bening yang berisi nanah juga bisa dilakukan.

Dalam kebanyakan kasus, limfadenitis sembuh dengan cepat dengan pengobatan yang tepat. Hanya saja, pembengkakan kelenjar getah bening mungkin memerlukan waktu lebih lama untuk hilang.

Jika menduga terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, segera berkonsultasi dengan dokter. Tidak disarankan mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement