Jumat 15 Dec 2023 00:24 WIB

Aktris Big Bang Theory Terkena Kanker Paru Meski tak Merokok, Kok Bisa?

Kebiasaan merokok merupakan penyebab tersering dari kanker paru.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktris Kate Micucci mengaku telah menjalani operasi setelah didiagnosis kanker paru.
Foto:

Kanker paru bisa ditemukan lebih awal karena Micucci sempat melakukan tes darah. Tes darah tersebut menunjukkan bahwa Micucci memiliki kadar CPR yang tinggi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa ada peradangan yang terjadi di dalam tubuh aktris berusia 43 tahun itu.

Hasil tes darah inilah yang mendorong Micucci untuk berkonsultasi dengan dokter. Setelah menjalani sejumlah pemindaian, sang dokter berhasil menemukan adanya spot di paru yang mengindikasikan bahwa Micucci terkena kanker paru.

Kanker Paru pada Nonperokok

Kebiasaan merokok memang penyebab kanker paru yang terbanyak. Akan tetapi, American Cancer Society mengungkapkan bahwa kanker paru juga dapat mengenai nonperokok. Kelompok nonperokok yang terkena kanker paru biasanya memiliki riwayat terpapar oleh radon, asap rokok atau menjadi perokok pasif, hingga polusi udara.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker paru merupakan jenis kanker yang paling mematikan pada 2020, dengan jumlah kematian mencapai 1,8 juta kasus. Di tahun yang sama, kanker paru juga menjadi kanker paling banyak kedua di dunia, dengan jumlah kasus mencapai 2,21 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement