Rabu 13 Dec 2023 15:42 WIB

Aturan SNPMB 2024 Tutup Ruang untuk Coba-Coba, Gimana Supaya tak Salah Pilih Jurusan?

Peserta SNPMB 2024 harus memantapkan pilihan jurusannya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Ada sejumlah perubahan aturan pada SNPMB 2024.
Foto:

Meskipun memilih empat itu pun ada ketentuannya, tapi dari empat itu maksimal dua prodi sarjana dan dua prodi vokasi (harus D4 dan D3 atau keduanya D3 tapi tidak bisa keduanya D4). Begitu pula sarjana, tidak bisa dipilih keempatnya.

 

Kapan pemantapan pilihan ini dimulai? Sebenarnya, menurut Didin, itu harus sudah dari murid masuk kelas 12.

"Jadi, sebelum kelas 12 harusnya sudah talent mapping, psikotes untuk pilihan jurusan. Selambat-lambatnya kelas 12 ini bulan Desember, setelah semester 1," ucap Didin.

 

Mengingat SNBP sudah mulai proses pendaftaran di Februari 2024, artinya pada Desember 2023 atau Januari 2024 murid sudah harus punya kemantapan hati terhadap  jurusan yang dipilih. Siswa bisa berkonsultasi mengenai jurusan kepada orang tua, guru, atau bahkan psikolog.

 

"Konsultasikan pilihan jurusan yang mau diambil, ke guru BK, psikolog, ikuti talent mapping, atau ke konsultan akademiknya. Biar dari sekarang sudah fix, paling lambat Januari yang SNBP, yang SNPT Februari harus sudah fix," kata Didin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement