Rabu 13 Dec 2023 15:42 WIB

Aturan SNPMB 2024 Tutup Ruang untuk Coba-Coba, Gimana Supaya tak Salah Pilih Jurusan?

Peserta SNPMB 2024 harus memantapkan pilihan jurusannya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Ada sejumlah perubahan aturan pada SNPMB 2024.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Peserta mengikuti UTBK-SNBT 2023 di Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (8/5/2023). Ada sejumlah perubahan aturan pada SNPMB 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aturan baru Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 telah resmi dirilis. Melihat adanya sejumlah perubahan tersebut, praktisi pendidikan Didin Baharudin menyarankan siswa untuk memantapkan pilihan dari jauh hari.

 

Baca Juga

"Sebab, kalau sudah lulus Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) lalu sudah daftar ulang, maka otomatis jalur mandiri tertutup. Artinya, pilihan harus mantap," ucap Didin yang juga merupakan direktur Bimbingan Belajar Konstanta Education, saat dihubungi Republika.co.id.

 

Demikian juga dengan peserta yang menempuh jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) alias undangan atau jalur prestasi. Modal utama mereka adalah nilai rapor.

Tahun ini, murid yang lulus SNBP dan sudah mendaftar ulang tidak akan bisa ikut lagi di SNBT-Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk mencoba masuk ke jurusan lain di perguruan tinggi negeri manapun. Mereka juga tertutup kesempatannya untuk menjajal jalur mandiri.

"Artinya, baik dari SNBP atau SNBT untuk 2024, murid harus menimbang pilihan jurusan, tidak bisa lagi asal lulus, terutama SNBP ya," papar Didin.

 

Pilihan jurusan di SNBP juga berpengaruh ke adik kelas atau sekolah, yakni track record sekolah, sehingga harus dilihat sesuai dengan minat dan bakat murid. Namun, menurut Didin, keuntungannya adalah kali ini pilihan prodi bisa sampai empat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement