Senin 11 Dec 2023 16:32 WIB

RM dan V Tulis Surat Menyentuh Dibalas Komen Kocak Jin, Warganet Auto Ngakak

Jin bergurau sambil meyakinkan bahwa rekan grupnya itu mendaftar pada saat yang tepat

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Jin BTS dalam video ulang tahun yang diunggah di Weverse, Senin (4/12/2023). Video itu direkam sebelum wamil dan sengaja dipersiapkan untuk ulang tahun Jin.
Foto: Dok. BigHit
Jin BTS dalam video ulang tahun yang diunggah di Weverse, Senin (4/12/2023). Video itu direkam sebelum wamil dan sengaja dipersiapkan untuk ulang tahun Jin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, empat anggota BTS yang belum wajib militer (wamil), RM, Jimin, V, dan Jungkook sibuk berinteraksi dengan penggemar. RM dan V baru-baru ini memposting pesan yang menyentuh hati kepada Army melalui platform fandom, Weverse, menjelang wamil mereka.

Namun komentar kocak Jin BTS, yang sudah mulai wamil terlebih dulu pada Desember 2022, seakan memecah keheningan. Awalnya, leader RM (Kim Namjoon) meyakinkan penggemar bahwa mereka bisa segera bertemu dengan semua anggota BTS.

Baca Juga

Pertama-tama, RM menulis bahwa dirinya tidak percaya momen jelang wamil ini telah tiba. Ada begitu banyak hal yang ingin dia katakan ke penggemar, tapi sekarang waktunya telah tiba dan tidak mudah untuknya buka suara.

"Saya sangat senang bisa menjalani 10 tahun terakhir bersama BTS. Meski aku sudah mengatakan seolah-olah ini adalah kebiasaan berbicara, sebuah akhir juga bisa menjadi awal! Saya percaya tanpa keraguan bahwa jika sesuatu berlalu, hal baik lainnya akan menunggu kita," kata RM, seperti dilansir dari Koreaboo, Senin (11/12/2023).

RM juga menyebut Seokjin hyung (sebutan untuk member lebih tua) dan Hoseok (J-Hope), yang sudah melewati momen perpisahan ini terlebih dulu. Menurutnya, mereka mungkin mengalami perasaan lebih sulit dibandingkan dirinya yang baru mengikuti jejak mereka. Tetapi RM juga jadi lebih terinspirasi dari mereka.

Surat RM cukup panjang, termasuk menuliskan bahwa 18 bulan untuk wamil, bisa terasa panjang atau pendek. Tetapi dia percaya momen ini akan menjadi saat di mana semuanya bisa mendapatkan inspirasi dan pembelajaran baru.

Meski awalnya mungkin terasa menakutkan, RM menyebut adakah yang lebih menghibur daripada kenyataan bahwa di masa tidak menentu ini, akan ada sesuatu yang diharapkan dan dinantikan? Hal itu menjadi tugas dirinya, tapi juga merupakan cinta semua orang.

Menjadi seseorang yang dikenang oleh orang lain,  yang ditunggu-tunggu, mungkin kadang terasa sepi dan pahit, tapi RM mengaku bahwa cinta itu sudah cukup baginya. Tentu saja ka berharap bisa menjadi orang yang layak ditunggu bagi Army.

RM juga mengajak ARMY kembali bekerja keras. Saat  kembali, dia mengaku akan menyambut Army dengan damai.

"Di manapun kita berada, kita akan selalu menjadi diri kita sendiri! Sampai jumpa di masa depan. Aku sangat mencintai kalian. Saya harap ini dapat memberi tanggapan kepada Anda meskipun hanya sedikit," demikian penutup surat RM.

V alias Taehyung juga meninggalkan pesan untuk para penggemar beserta sejumlah foto. V menyebut bahwa dirinya tentu akan sangat merindukan Army.

"Sebenarnya sayang sekali aku tidak bisa memiliki kenangan indah bersama Army untuk sementara waktu, jadi selain itu aku baik-baik saja, tapi yang tersulit adalah aku tidak bisa melihat Army," kata V.

V berjanji akan kembali dengan sangat sehat setelah 18 bulan. Dia juga meminta Army tetap menjaga kesehatan sekaligus mencari kebahagiaan setiap hari sampai ia kembali dan berkata, ‘Saya di sini!’. V juga mengaku akan mempersiapkan banyak hal dalam 18 bulan selama dirinya wamil. 

"Mari kita buat kenangan berharga seperti yang selalu kita lakukan, saat aku kembali, dan buatlah kenangan itu lagi nanti. Aku sangat merindukanmu dan aku sangat mencintaimu. Jadi, kamu harus menunggu sampai aku kembali! Aku akan segera kembali! Selamat tinggal," tulis V.

Di tengah perasaan emosional para penggemar atas surat-surat menyentuh itu, anggota tertua BTS Jin menulis komentar yang justru mengundang tawa warganet. Di bagian komentar postingan RM, Jin menulis komen dengan mengutip salah satu lirik lagu populer mereka, “Selamat datang, pertama kali di BTS?” yang berasal dari lagu "Dope."

"Selamat datang, ini pertama kalinya Anda wajib militer, bukan?," kata Jin BTS.

Begitu juga pada postingan V, Jin bergurau sambil meyakinkan bahwa rekan grupnya itu mendaftar pada saat yang tepat. Sebab Jin mendaftar saat tanggal sengan suhu mencapai 35 derajat Celcius dan ada badai salju. "Dan aku hampir tidak bisa mendaftar. Anda mendaftar pada saat yang tepat, dunia menjadi lebih baik," kata Jin yang mengundang tawa warganet.

Para penggemar yang membaca komentar Jin pun tidak bisa menahan tawa mereka. Selama ini Jin memang dikenal humoris dan kerap mengeluarkan gurauan dalam grup.

"Jin tipikal orang yang bilang “Aku lebih menderita"," tulis seorang warganet yang menyertakan emoji tertawa.

"Itu memberi energi 'kembali ke hari-hariku' TUHAN AKU SANGAT MENCINTAI PRIA INI DIA MEMBUAT SEMUANYA LEBIH BAIK," kata warganet lain 

BTS direncanakan comeback pada 2025 sebagai grup dan bisa tampil untuk bertemu dengan ARMY. Sebelum satu per satu member menjalani wamil, mereka merilis proyek solo masing-masing. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement