Selasa 05 Dec 2023 17:01 WIB

Sutradara Oppenheimer dan Interstellar Raih Penghargaan BFI

Penghargaan diberikan atas pencapaian luar biasa yang dilakukan Nolan terhadap sinema

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Christoper Nolan
Foto: AFP
Christoper Nolan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- British Film Institute (BFI) akan memberikan penghargaan tertinggi kepada sutradara Inggris Christopher Nolan, BFI Fellowship. Ini diberikan sebagai pengakuan atas pencapaian luar biasa dan kontribusi besar pembuat film Oppenheimer itu terhadap sinema.

BFI Fellowship akan diserahkan kepada Christopher Nolan pada BFI Chair’s Dinner di London pada 14 Februari 2024, yang dipandu oleh Pimpinan BFI Tim Richards. Ini akan diikuti dengan acara In Conversation dengan Nolan pada 15 Februari 2024 di teater BFI Southbank dan pengenalan khusus film fiksi ilmiah Nolan tahun 2020 Tenet di BFI IMAX.

Baca Juga

Dalam pernyataannya, BFI menyebut Nolan sebagai sutradara langka yang mengawinkan visi epiknya dengan pendekatan cerdas dan unik dalam pembuatan film dan penceritaan, dan mencatat banyak pencapaiannya untuk film-film Nolan, yang telah memenangkan total 11 Oscar.

“Saya senang bisa memberi penghormatan dan mengakui Christopher Nolan dengan BFI Fellowship,” kata Richards melansir Hollywood Reporter, Selasa (5/12/2023).

 

Ia mengatakan bahwa Christopher Nolan adalah salah satu pembuat film terhebat di abad ke-21, yang menciptakan film-film sangat populer yang telah meraup lebih dari 6 miliar dollar AS di seluruh dunia. Semua filmnya dibuat untuk layar lebar untuk menantang dan menghibur penonton di seluruh dunia.

Komitmen dan dukungan Christopher terhadap industri Sinema juga sangat melegenda. Ia juga berada di garis depan dalam pelestarian seluloid melalui keterlibatannya dengan The Film Foundation dan dukungannya sendiri melalui Morf Foundation untuk karya fotokimia BFI. 

“Semua dilakukan untuk memastikan bahwa penonton saat ini dan masa depan dapat terus menikmati dan belajar dari sejarah perfilman kita yang sangat kaya selama bertahun-tahun yang akan datang,” ucap Richards.

Film terbaru Nolan, Oppenheimer, yang dibintangi Cillian Murphy sebagai fisikawan eponymous yang memimpin tim pembuat bom atom pertama, telah meraih kesuksesan kritis dan komersial yang sangat besar. Film ini menghasilkan pendapatan kotor hampir satu miliar dollar AS secara global untuk Universal Pictures.

Ini juga menjadi film Nolan terbesar yang pernah ada di box office Inggris, meraup 58,7 juta poundsterling hingga saat ini, melampaui The Dark Knight dan Dunkirk. Film ini ditayangkan untuk kedua kalinya pada awal November di bioskop-bioskop Imax di AS, dan telah menjadi rilisan Imax dengan pendapatan kotor tertinggi keempat di seluruh dunia sepanjang masa. 

Nolan sangat mendukung pengalaman teater, terus merekam filmnya dengan seluloid (delapan film fiturnya diambil dengan kamera Imax 65 mm) dan menyerukan agar film tersebut ditonton di layar sebesar mungkin. Ia merupakan pendukung kuat karya arsip film di seluruh dunia, termasuk Arsip Nasional BFI.

“Saya sangat senang dan terhormat menerima BFI Fellowship dari sebuah organisasi yang berdedikasi untuk melestarikan sejarah perfilman serta masa depannya,” kata Nolan dalam sebuah pernyataan.

Nolan akan bergabung dengan jajaran BFI Fellows lainnya yang meliputi David Lean, Bette Davis, Akira Kurosawa, Ousmane Sembène Elizabeth Taylor, Michael Powell, Emeric Pressburger, Orson Welles, Thelma Schoonmaker, Derek Jarman, Martin Scorsese, Satyajit Ray, Yasujirō Ozu dan yang terbaru, Tilda Swinton, Barbara Broccoli, Michael G Wilson, dan Spike Lee.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement