Senin 04 Dec 2023 17:29 WIB

Dari Mana Asal Mula Klaim Vape Lebih Aman daripada Rokok?

Asap atau uap yang dihasilkan vape digadang aman bagi kesehatan.

Vape (ilustrasi). Vape dapat merusak kesehatan gigi dan mulut, bukan cuma paru.
Foto: www.freepik.com
Vape (ilustrasi). Vape dapat merusak kesehatan gigi dan mulut, bukan cuma paru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rokok elektrik alias vape digadang lebih aman atau lebih sehat daripada rokok konvensional. Faktanya?

"Vape dikatakan lebih baik dari rokok adalah suatu hoaks, ini adalah informasi yang sangat keliru," kata Guru Besar Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Prof. dr. Elisna Syahrudin, PhD. SpP(K) dalam pada gelar wicara bersama Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Jakarta, akhir November lalu.

Baca Juga

Sejak beberapa tahun terakhir, lanjut Elisna, industri rokok elektrik semakin meluas dan diminati banyak orang. Maraknya opsi varian rasa dengan bentuk yang unik pun membuatnya semakin menarik.

photo
Bahaya vape. - (Republika)

Bahkan, tak sedikit merek rokok elektrik yang berani memberi klaim produknya "lebih aman" daripada rokok konvensional. Mereka pun mengajak perokok untuk berpindah menggunakan vape.

 

Hal ini, menurut Elisna, membuat kalangan dokter semakin khawatir. Ia mengatakan, berdasarkan penelitian, unsur-unsur karsinogen atau zat yang berpotensi menyebabkan kanker dengan jelas ditemukan pada asap atau uap yang dihasilkan vape.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement