Jumat 01 Dec 2023 20:26 WIB

ASI Eksklusif dan Makanan Bergizi Bantu Anak Melawan Pneumonia

Kena pneumonia, anak biasanya mengalami demam sebagai gejala awal.

Ibu dan bayinya (Ilustrasi). Air susu ibu dan makanan bergizi bantu anak melawan pneumonia.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ibu dan bayinya (Ilustrasi). Air susu ibu dan makanan bergizi bantu anak melawan pneumonia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Ilmu Kesehatan Anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Nastiti Kaswandani mengatakan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif yang dikombinasikan dengan makanan bergizi mampu membantu anak untuk melawan pneumonia. Penyakit ini menjadi sorotan setelah kasusnya mengalami lonjakan pada anak-anak di China.

"Makanan bergizi dan ASI membantu anak melawan penyakit, termasuk pneumonia," katanya dalam diskusi terkait Mycoplasma pneumonia yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga

Selain itu, lanjut Nastiti, untuk dapat membantu anak melawan pneumonia, semua balita hendaknya mendapatkan vitamin A setidaknya dua kali selama setahun yang dapat diperoleh di Posyandu. Mengurangi polusi asap rumah tangga, tidak merokok dekat anak, serta menjaga kebersihan rumah dengan tetap memperhatikan aliran udara segar juga dapat mengurangi risiko terjadinya pneumonia pada anak.

"Hindari kontak dengan orang sakit serta lengkapi vaksinasi yang direkomendasikan untuk mencegah pneumonia," ujar Nastiti Kaswandani yang merupakan wakil ketua Kolegium Ilmu Kesehatan Anak Indonesia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement