Rabu 29 Nov 2023 10:11 WIB

Promosi Debut BabyMonster oleh YG Entertainment Dinilai Kurang Maksimal

Tak sedikit membandingkan YG dalam mempromosikan debut BabyMonster dan Blackpink.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BabyMonster. Promosi debut BabyMonster oleh agensi YG Entertainment dinilai kurang maksimal.
Foto: Dok. Instagram/@babymonster_ygofficial
Grup K-pop BabyMonster. Promosi debut BabyMonster oleh agensi YG Entertainment dinilai kurang maksimal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Agensi YG Entertainment akhirnya mendebutkan grup K-pop terbaru mereka, BabyMonster. Meski disambut dengan antusiasme yang besar, debut BabyMonster juga mengundang banyak pertanyaan di antara warganet.

BabyMonster merupakan girl group pertama yang dibesut oleh YG Entertainment setelah BlackPink debut sekitar enam tahun lalu. Oleh karena itu, kehadiran BabyMonster berhasil menyedot banyak perhatian dan mengundang rasa penasaran para penggemar K-pop.

Baca Juga

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, YG Entertainment akhirnya mendebutkan BabyMonster dengan single berjudul "Batter Up". Lagu tersebut baru saja dirilis pada Senin (27/11/2023) dan berhasil memeroleh 39 juta views per Rabu (29/11/2023).

Kehadiran BabyMonster juga mendapatkan disambut dengan respons yang luar biasa dari penggemar internasional. Sambutan hangat dari penggemar internasional berhasil membuat single "Batter Up" menduduki puncak tangga lagu iTunes di 21 negara.

 

Terlepas dari beragam pencapaian ini, penggemar di Korea Selatan justru merasa khawatir dan bertanya-tanya. Alasannya, tak ada informasi yang tersedia bagi penggemar mengenai jadwal debut showcase dan penampilan broadcast pertama BabyMonster.

Informasi tersebut padahal sangat penting dan dibutuhkan oleh penggemar, agar mereka bisa hadir dan memberikan dukungan kepada BabyMonster. Oleh karena itu, tak sedikit pula penggemar yang merasa bahwa upaya YG Entertainment untuk mempromosikan BabyMonster kurang optimal.

Seorang penggemar BabyMonster juga memberi bukti lain yang mengindikasikan bahwa YG Entertainment kurang mempromosikan BabyMonsyter, seperti dilansir Allkpop pada Rabu (29/11/2023). Penggemar tersebut mengungkapkan bahwa YG Entertainment tidak mengunggah konten promosi tambahan terkait BabyMonster di media sosial. Mereka juga belum membuat akun resmi BabyMonster di Weverse.

Di samping itu, penggemar juga menyadari bahwa sejumlah outlet media tidak memberitakan informasi apa pun terkait rencana debut showcase dan penampilan BabyMonster di program msuik. Hingga saat ini, YG Entertainment hanya merilis video musik "BatterUp" dan sejumlah video shorts di YouTube. Konten lain yang dibuat oleh YG Entertainment hanyalah pengumuman bahwa "BatterUp" telah ditambahkan ke dalam playlist "Girl Krush" di Spotify.

Beragam hal ini semakin meyakinkan warganet bahwa YG Entertainment kurang mempromosikan BabyMonster. Bahkan, sebagian warganet mengira bahwa perilisan lagu "BatterUp" bukanlah debut resmi bagi BabyMonster.

"Apakah mereka sudah benar-benar debut?," kata seorang warganet.

Beberapa warganet lain menilai YG Entertainment hanya merilis lagu karena tak bisa membendung antusiasme penggemar yang sudah menunggu BabyMonster cukup lama. Tak sedikit pula yang membandingkan usaha YG Entertainment dalam mempromosikan debut BabyMonster dengan debut Blackpink.

Sebagian warganet juga mengungkapkan bahwa mereka tidak mengetahui bahwa BabyMonster sudah melakukan debut dan merilis lagu. Selain itu, ada pula warganet yang berharap YG Entertainment segera membuat akun BabyMonster di Weverse.

"Ini adalah debut terburuk. Bahkan timing debutnya dilakukan saat acara-acara penghargaan akhir tahun digelar," kata warganet lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement