Rabu 29 Nov 2023 09:14 WIB

Sorotan Kamera MAMA Awards 2023 Diprotes Penonton, Idol K-Pop 'tak Kelihatan'

Pengambilan gambar MAMA Awards 2023 menuai banyak protes dari penonton.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop TXT saat menghadiri MAMA Awards 2023 di Tokyo, Jepang, Selasa (28/11/2023).
Foto: Dok. Instagram/@mnet_mama
Grup K-pop TXT saat menghadiri MAMA Awards 2023 di Tokyo, Jepang, Selasa (28/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari pertama ajang penghargaan musik Mnet Asian Music Awards (MAMA Awards) 2023 telah berlangsung pada 28 November di Tokyo Dome, Jepang. Rangkaian acara akan berlanjut hari kedua pada 29 November 2023 di lokasi yang sama. 

Acara penghargaan itu menghormati kerja keras para artis Asia selama setahun terakhir dan memicu kegembiraan sejak pertama kali diumumkan. Selama bertahun-tahun, MAMA Awards telah menjadi rumah bagi beberapa momen penampilan paling ikonik dan viral.  

Baca Juga

Banyak penggemar musik yang menantikan penampilan artis tahun ini setelah pengumuman susunan pemain. Sayangnya, pengambilan gambar acara MAMA Awards 2023 dan cara kamera menyorot keseluruhan ajang besar tersebut di hari pertama banyak menuai protes.

Dikutip dari laman Koreaboo, Rabu (29/11/2023), baik warganet maupun penggemar musik K-pop dan Asia menyebut cara pengambilan gambar itu melewatkan beberapa momen penting. Kamera yang seharusnya menyorot penampilan yang luar biasa malah tidak melakukan tugasnya dengan baik.

 

Misalnya, selama penampilan grup K-pop Enhypen, alih-alih fokus pada momen-momen penting yang dilakukan para personel grup, penonton di rumah malah disuguhi sorotan wide shot. Cara pengambilan gambar secara melebar itu menyulitkan penonton untuk melihat detail kecil.

Grup K-pop Tomorrow X Together (TXT) juga menjadi korban dari tudingan buruknya kemampuan kamera. Para penggemar yang menyimak acara via live streaming malah diberikan gambar penonton dalam jumlah besar, ketika seharusnya kamera menyorot TXT dalam close-up shot.

Selama klip pertunjukan TXT yang hanya berdurasi 18 detik, sudut kamera berubah lebih dari 12 kali. Sebagian besar pengambilan gambar terlalu lebar untuk melihat detail pertunjukan. Hal itu membuat banyak penonton sangat kecewa.

Terlebih, sebagian besar penggemar hanya dapat menyaksikan MAMA Awards secara streaming. Mereka berharap penyelenggara acara melakukan upaya lebih untuk menyoroti penampilan grup-grup yang dinantikan secara memadai. Beberapa warganet bahkan mengatakan video yang direkam oleh penonton di studio jauh lebih baik dari kamera penyelenggara.

 

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement