Selasa 28 Nov 2023 19:37 WIB

Public Figure yang Meninggal Dunia Setelah Mengidap Pneumonia

Tercatat sejumlah public figure meninggal dunia setelah mengidap pneumonia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Artis, presenter, sekaligus politikus Jane Shalimar. Ada beberapa public figure yang meninggal dunia setelah menderita pneumonia, salah satunya Jane Shalimar.
Foto: @janeshalimar_1
Artis, presenter, sekaligus politikus Jane Shalimar. Ada beberapa public figure yang meninggal dunia setelah menderita pneumonia, salah satunya Jane Shalimar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pneumonia dapat menyerang siapa saja, dari balita hingga kelompok lanjut usia. Situs resmi Kementerian Kesehatan RI menjelaskan, pneumonia merupakan radang jaringan paru yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan parasit. 

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2019, pneumonia menyebabkan 14 persen dari seluruh kematian anak di bawah lima tahun, dengan total kematian 740.180 jiwa. Data Riskesdas Indonesia tahun 2018, jumlah pengidap pneumonia meningkat seiring dengan bertambahnya usia.

Baca Juga

Peningkatan itu tercatat 2,5 persen (55-64 tahun), 3,0 persen (65-74 tahun), dan 2,9 persen (75 tahun ke atas). Dari kalangan public figure Indonesia maupun internasional pun, tercatat sejumlah sosok yang meninggal dunia setelah mengidap pneumonia.

1. Farida Pasha

 

photo
Farida Pasha (kanan bawah) saat berfoto bersama keluarganya. - (@ifyalyssa/Instagram)

 

Aktris senior Indonesia Farida Pasha terkenal berkat membintangi film Guna-Guna Istri Muda dan karena peran sebagai Mak Lampir di film serta sinetron kolosal "Misteri Gunung Merapi". Farida meninggal dunia pada 16 Januari 2021, dan dikabarkan mengidap pneumonia sebelum wafat.

2. Jane Shalimar

photo
Jane Shalimar. - (Instagram/@janeshalimar_1)

 

Aktris, penyanyi, presenter, dan politisi Indonesia Jane Shalimar mengembuskan napas terakhir pada 4 Juli 2021. Disampaikan pihak keluarga, Jane terinfeksi Covid-19 dengan asma sebagai penyakit penyerta. Hal itu menyebabkan almarhumah mengidap pneumonia berat.

3. Michael Gambon 

photo
Aktor Michael Gambon. - (Dok. Warner Bros)

 

Aktor asal Irlandia, Michael Gambon, yang berperan sebagai tokoh ikonik Albus Dumbledore di film Harry Potter meninggal dunia di usia 82 tahun pada 29 September 2023. Informasi bahwa Gambon meninggal dunia setelah mengidap pneumonia dikabarkan langsung oleh pihak keluarga.

4. Doris Day

photo
Doris Day. - (AP)

 

Pada 13 Mei 2019, penyanyi legendaris Amerika Serikat Doris Day yang dikenal memopulerkan lagu "Que Sera Sera" meninggal pada usia 97 tahun. Sosok yang juga bermain film dan menjadi aktivis hak hewan tersebut meninggal dunia setelah mengidap penyakit pneumonia. 

5. Stan Lee

photo
Stan Lee. (AP Photo/Chris Pizzello) - (AP)

 

Pencipta deretan karakter di komik Marvel, Stan Lee, meninggal dunia pada 12 November 2018. Penyebab kematian yang dirilis adalah serangan jantung dengan gagal napas dan gagal jantung kongestif. Semasa hidupnya, Lee mengungkap bahwa dia berjuang melawan pneumonia.

6. James Brown

photo
Penyanyi legendaris James Brown. - (EPA)

 

James Brown adalah musisi AS pionir musik funk, dengan julukan "Godfather of Soul" dan "Mr Dynamite". Brown meninggal dunia dalam usia 73 tahun pada 25 Desember 2006, setelah mengalami gagal jantung kongestif yang berhubungan dengan pneumonia.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement