Jumat 24 Nov 2023 20:56 WIB

Pertanyaan Film Titanic yang Bikin Penonton Penasaran Sampai Sekarang

Setidaknya ada 5 hal yang masih membuat penasaran tentang film Titanic.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan film Titanic. Beberapa hal masih mengganjal di benak penonton Titanic.
Foto: Paramount Pictures
Salah satu adegan film Titanic. Beberapa hal masih mengganjal di benak penonton Titanic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa dekade setelah film Titanic karya sutradara James Cameron membuat sejarah sinematik, banyak penonton yang masih bertanya-tanya tentang sinema tersebut. Terutama, tentang plot film, produksi, serta kisah nyata di baliknya. 

Titanic adalah karya yang memecahkan banyak rekor, baik komersial maupun di ajang penghargaan. Sinema epik fiksi sejarah tentang pelayaran perdana kapal RMS Titanic itu memenangkan 11 penghargaan dari 14 nominasi di Academy Awards 1998.  

Baca Juga

Film juga menyoroti romansa penumpang kapal Titanic, Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) dan seniman Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) yang berasal dari kelas sosial berbeda. Berikut lima pertanyaan yang banyak membuat penasaran tentang film Titanic, dikutip dari laman ScreenRant, Jumat (24/11/2023):

1. Mengapa Jack tidak naik ke "pintu"?

 

Salah satu perdebatan terbesar seputar Titanic adalah mengenai Jack yang sebenarnya bisa selamat di akhir film, dan tak perlu tewas akibat kedinginan di dalam air. Banyak penonton geregetan dan bertanya-tanya, mengapa Jack tidak ikut naik ke "pintu", yang digunakan Rose sebagai rakit penyelamat.

Banyak orang berpendapat masih ada ruang untuk Jack, termasuk ulasan bahwa Jack dan Rose bisa selamat jika mengikat rompi pelampung di bagian bawah papan pint. Namun, menurut Cameron, itu tidak mungkin, karena Jack dan Rose tidak memiliki kejernihan pikiran untuk melakukannya.

2. Apakah Rose meninggal dunia pada akhirnya?

Jawaban untuk pertanyaan ini tidak sepenuhnya jelas. Setelah melemparkan kalung berlian "Heart of the Ocean" yang tak ternilai harganya ke laut di atas reruntuhan kapal Titanic, Rose ditunjukkan pergi tidur.

Dalam suatu penglihatan, Rose muda tiba di tangga besar kapal Titanic tempat Jack dan korban lainnya menunggunya. Adegan ini bisa dimaknai sebagai mimpi, atau Rose memang sudah "bergabung" dengan Jack.

3. Mengapa Rose tidak kabur sebelumnya?

Rose digambarkan sangat menderita dalam kehidupan kelas atas dan takut menikah dengan Caledon Hockley (Billy Zane). Dia sangat putus asa sampai-sampai hampir melemparkan dirinya dari perahu di awal film, namun berhasil dihentikan oleh Jack.

Banyak yang bertanya mengapa gadis itu tidak kabur saja dan mencari jalan keluar dari hidupnya. Spekulasi dan analisis yang beredar mengatakan bahwa sebelum insiden Titanic, Rose mungkin belum sepenuhnya percaya bahwa dia bisa bertahan hidup sendirian.

4. Apakah jenazah Jack pernah ditemukan?

Teori muncul tentang jenazah Jack karena ada kuburan dengan nama "J Dawson" di pemakaman Fairview Lawn di Halifax, Kanada. Apalagi, pemakaman tersebut terkenal sebagai tempat peristirahatan lebih dari 100 korban Titanic.  

Namun, nama itu hanya mirip, sebab sosok Jack Dawson adalah tokoh fiktif. Majalah Smithsonian juga menjawab pertanyaan tentang apa yang terjadi pada tubuh orang yang tenggelam di lautan, yang kemungkinan besar jenazahnya akan dimakan oleh karnivora lautan.

5. Apakah Titanic menggunakan footage asli?

Meski ada berbagai bumbu cerita dan romansa fiktif, footage kapal Titanic yang digunakan dalam film ini benar-benar asli. Sutradara Cameron dan krunya melakukan banyak penyelaman untuk mengambil gambar cuplikan reruntuhan kapal Titanic.

Gambar itu digunakan ketika kru fiksi dalam film diceritakan mencoba menyelamatkan harta karun dari kapal yang tenggelam, dan Rose sendiri juga mengunjungi lokasi tersebut. Cameron, yang menyukai laut sejak usia muda, mengatakan bahwa keinginan untuk mengunjungi situs reruntuhan kapal Titanic itulah yang menginspirasi pembuatan filmnya.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement