Rabu 22 Nov 2023 04:06 WIB

Brand Makanan dan Minuman di Indonesia yang Beri Dukungan untuk Palestina

Sejumlah brand di Indonesia turut andil menyuarakan dukungan mereka untuk Palestina.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Dukungan untuk Palestina (ilustrasi). Sejumlah brand makanan dan minuman di Indonesia menyatakan dukungan untuk Palestina.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Dukungan untuk Palestina (ilustrasi). Sejumlah brand makanan dan minuman di Indonesia menyatakan dukungan untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seiring dengan masifnya protes di berbagai negara yang menyuarakan kemerdekaan Palestina dari genosida, sejumlah brand di Indonesia turut andil menyuarakan dukungan mereka untuk warga Palestina. Bahkan, tak sedikit pula brand di Indonesia yang ikut menyalurkan bantuan materil untuk para korban di Palestina.

Dari beragam brand yang menyatakan sikap pro Palestina, sebagian di antaranya merupakan brand makanan dan minuman. Berikut ini adalah sebagian brand makanan dan minuman di Indonesia yang memberikan dukungan untuk Palestina:

Baca Juga

1. Haus!

Melalui akun Instagram resmi mereka, brand makanan dan minuman kekinian Haus! menunjukkan dukungan mereka untuk warga Palestina yang mengalami tragedi kemanusiaan di Gaza. Per 16 November 2023, Haus! memutus segala bentuk kerjasama bisnis dengan semua produk (bahan baku) dan brand lain yang terindikasi berafiliasi dengan Israel.

 

Langkah tersebut diambil setelah MUI menerbitkan Fatwa MUI Nomor 82 Tahun 2023 tentang hukum dukungan terhadap perjuangan Palestina. Haus! mengungkapkan bahwa pemutusan kerjasama bisnis ini akan terus berlangsung, sampai terdapat keputusan lanjutan dari MUI.

"Langkah ini kami lakukan sebagai bentuk ketaatan terhadap Fatwa MUI, dan bentuk keberpihakan Haus! terhadap saudara-saudara kita di Palestina," jelas Haus!.

2. Shu Coffee

Kedai kopi yang berlokasi di Kota Bogor ini juga memberikan dukungan untuk Palestina dengan merilis menu minuman khusus bernama Fatet Ajer. Nama Fatet Ajer diambil dari hidangan populer di Gaza bagian selatan. Minuman ini juga disajikan dengan potongan buah semangka yang identik dengan simbol bendera Palestina.

Shu Coffe mengungkapkan menu minuman baru ini diracik oleh Head Operation mereka, Fendi. Seluruh keuntungan dari penjualan menu Fatet Ajer akan didonasikan oleh Shu Coffee untuk Palestina.

"Menu ini kami rilis sebagai bentuk dukungan bagi Palestina dalam menghadapi ujian yang saat ini berlangsung," tulis Shu Coffee melalui akun Instagram resmi mereka.

3. Circuloo Coffee and Kitchen

Kafe Circuloo Coffee and Kitchen juga menyatakan kedukaan mendalam atas tragedi yang menimpa warga Palestina di Gaza. Melalui gerakan "Saving Lives Through a Glass" yang dilakukan bersama kedai kopi lain di Bogor, Circuloo Coffee and Kitchen merilis minuman istimewa berbasis semangka yang diberi nama Free Palestine. Keuntungan dari penjualan minuman Free Palestine akan didonasikan untuk Palestina melalui Kedutaan Besar Palestina.

"Tak ada seorang pun yang pantas mengalami penderitaan dan diskriminasi tanpa akhir. Mari berjuang untuk kebebasan, keadilan, dan kesetaraan," tulis Circuloo Coffee and Kitchen melalui akun Instagram resmi mereka.

 

Nomor 4...lanjutkan membaca>> 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement