Rabu 08 Nov 2023 15:34 WIB

Produk Skincare dan Kosmetik Lokal yang Nyatakan Dukungan untuk Palestina

Ada produk kosmetik lokal yang menyatakan dukungannya kepada Palestina.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Produk skincare (ilustrasi). Ada beberapa jenama produk kosmetik dan skincare yang menyatakan dukungan untuk Palestina.
Foto: www.freepik.com
Produk skincare (ilustrasi). Ada beberapa jenama produk kosmetik dan skincare yang menyatakan dukungan untuk Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah maraknya pemberitaan mengenai pertempuran antara Palestina dan Israel, ada beberapa jenama produk kosmetik lokal yang menyatakan dukungannya kepada Palestina. Apa saja?

pendukung Palestina berasal dari perusahaan lokal Indonesia. Apa saja jenama yang peduli Palestina?

Baca Juga

1. Wardah, Kahf, Biodef, Labore

Kondisi Gaza hingga saat ini masih darurat. Bantuan untuk warga Palestina pun masih dibutuhkan. Untuk itu ParagonCorp, perusahaan asal Indonesia yang dikenal sebagai produsen kosmetik halal terkemuka seperti Wardah, Kahf, Biodef, dan Laboré, telah meluncurkan inisiatif bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina. 

Group CEO ParagonCorp, Harman Subakat, menyampaikan harapannya terkait bantuan tersebut. Dengan dasar solidaritas kemanusiaan, Paragon turut memberikan bantuan kepada warga Palestina bersama pemerintah Republik Indonesia. 

"Kami berharap bantuan ini dapat mencapai mereka yang membutuhkan, terutama di Gaza yang tengah mengalami kondisi darurat. Semoga bantuan ini membantu memenuhi kebutuhan mendesak warga Palestina," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (8/11/2023).

Untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan ini, ParagonCorp menjalin kolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Forum Zakat (FOZ), dan KitaBisa.com. Bantuan ini mencakup makanan, obat-obatan, selimut, pakaian, dan kebutuhan mendesak lainnya. Selain itu, ParagonCorp juga mengirimkan 4.500 shampoo Wardah dan 5.000 sabun dari brand Biodef, Kahf, dan Laboré sebagai bagian dari paket kebersihan.

Inisiatif bantuan ini bukan yang pertama kalinya bagi ParagonCorp, yang sebelumnya telah memberikan bantuan serupa pada tahun 2015 dan 2021. Pada waktu itu, perusahaan ini mengirimkan bantuan berupa fasilitas pendidikan dan kebutuhan medis kepada warga Palestina. 

"ParagonCorp selalu mendukung aksi sosial kemanusiaan, baik di Indonesia maupun di dunia. Ini sejalan dengan misi perusahaan kami untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Semoga langkah ini dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk ikut serta dalam membantu warga Palestina," ujar Herman.

2. MotherofPearl by Tasya Farasya 

Selain grup Paragon, jenama kosmetik MotherofPearl milik content creator Tasya Farasya juga mendukung Palestina. Bahkan sang owner sering sekali menyuarakan membela Palestina sejak lama di akun media sosial miliknya.

Tasya pernah membuat postingan gambar sepotong semangka dengan background hitam. Semangka merupakan simbol dukungan terhadap Islam. Tasya juga memberikan caption, "My heart my soul goes out to you my sisters and brothers".

3. Bhumi Skin Care

Bhumi Skin Care juga termasuk salah satu jenama yang mendukung Palestina. Baru-baru ini mereka juga mengunggah pada akun Instagram @bhumiofficial sebuah gambar semangka yang dilengkapi dengan tulisan,"Food and Water for Gaza" dan "A Bare Minimun to Help Us".

Bhumi juga memuat tangkapan layar beberapa berita soal Gaza. Dengan menambahkan tulisan, "Krisis Kemanusiaan di Jalur Gaza Semakin Parah. Kondisi ini menyebabkan warga di Gaza turut mengalami krisis air bersih. Mereka terpaksa menggali sumur di dekat laut atau mengandalkan air keran yang sudah terkontaminasi limbah dan air laut. Tak hanya air, krisis makanan pun juga terjadi. Mereka membutuhkan bantuan berupa bahan makanan karena gudang penyimpanan saat ini sudah kehabisan pasokan akibat warga yang berebutan bertahan hidup".

"Melihat kondisi ini Bhumi akan menyisihkan Rp 5.000 per produk terjual untuk bantuan kemanusiaan di Gaza. Sekaligus sebagai bentuk komitmen Bhumi di bulan ulang tahun untuk memberikan program bantuan kemanusiaan kepada orang-orang di Gaza, Palestina. Sampai tanggal 22 November 2023, setiap produk terjual nantinya akan kami sisihkan Rp 5.000.

Per akhir November, hasil akumulasi ini akan dikirimkan kepada @npc.or.id melalui Kitabisa. Bantuan donasi juga dapat diakses di IG Story Highlighter secara langsung, dengan klik link langsung ke halaman donasi bagi teman-teman yang berkenan untuk memberikan donasi langsung. National Palestina Center yang dibimbing Tim Bang Onim, seorang relawan Indonesia yang berada di Palestina dengan fokus organisasinya adalah memberikan bantuan berupa makanan, minuman atau supply lainnya yang dibutuhkan.

4. Heyskin

Jenama lain yang peduli Palestina adalah Heyskin. Jenama ini juga membuka donasi untuk Palestina. Dalam akun media sosial @heyskin.official, mereka mengunggah gambar burung bersanding dengan bendera Palestina. Mereka menuliskan caption, "Doa yang terbaik untuk Palestina, banyak ibu-ibu dan anak juga yang jadi korban dari tragedi yang mengerikan ini, maka dari itu yang bisa MinHey lakuin adalah mengajak kalian doa dan berkontribusi dalam membantu #FreePalestine".

"Mungkin nominal MinHey tidak seberapa, tapi kita sudah berkontribusi! Tinggal temen-teman dari MinHey aja nih."

5. Skin Game

Skin Game juga termasuk jenama yang peduli Palestina. Baru-baru mereka membuka donasi dan mempostingnya di akun @skingameofficial dalam bahasa Inggris yang artinya seperti ini, "Gencatan senjata yang pasti harus dilakukan. Palestina harus merdeka. Perdamaian harus menang".

"Kami percaya bahwa tindakan kecil yang dapat membawa jutaan orang akan memberikan dampak. Oleh karena itu, kami melakukan yang terbaik yang kami bisa dengan menggunakan media sosial kami untuk menyuarakan dukungan kami terhadap Palestina dan berdonasi melalui Kedutaan Besar Negara Palestina," tulisnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement