Kamis 16 Nov 2023 17:17 WIB

Drama Korea yang Dibatalkan karena Kontroversial, Ada yang Picu Ketegangan 2 Negara

Salah drama di bawah ini disebut memicu ketegangan antara Korea Selatan dan Cina.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Poster drama Korea Joseon Exorcist. Ini menjadi salah satu drama Korea yang penayangannya dibatalkan.
Foto: Dok. SBS
Poster drama Korea Joseon Exorcist. Ini menjadi salah satu drama Korea yang penayangannya dibatalkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski banyak drama Korea yang lolos tahap syuting dan tayang di layar, namun ada pula yang mengalami nasib berbeda. Berikut tiga drama yang terjerat kontroversi dan dibatalkan: 

1. "Joseon Exorcist" (2021)

Baca Juga

photo
Salah satu adegan di serial drama Joseon Exorcist. - (Dok. SBS)

 

"Joseon Exorcist" adalah fantasi sejarah dengan sentuhan supernatural.  Dilansir Koreaboo, Selasa (14/11/2023), drama ini berpusat pada keluarga kerajaan Joseon dan perjuangan melawan roh jahat. Meski alur ceritanya menarik perhatian penonton, namun drama ini langsung mendapat reaksi keras atas eksekusinya. 

 

Setelah merilis dua episode, pemirsa menyebut "Joseon Exorcist" memicu ketegangan antara Korea Selatan dan Cina. Pasalnya alat peraga dan peristiwa bersejarahnya yang tidak akurat. Pengiklan menarik diri dari acara tersebut dan pemirsa mulai mengajukan petisi untuk membatalkannya. 

SBS memenuhi keinginan pemirsa. Meskipun dramanya telah selesai 80 persen, "Joseon Exorcist" dibatalkan dan tidak ditayangkan setelah episode dua. 

2. "School 2020" (2020)

photo
Aktris Ah Seo-hyun. - (Dok. Soompi)

 

Serial "School" dari KBS dimulai pada 1999 dan di-reboot dengan popularitas School 2013, yang dilanjutkan dengan Who Are You: School 2015 dan School 2017. Jadi para penggemar serial ini sangat antusias dengan School 2020, sampai keadaan berubah menjadi salah. 

Kim Yohan WEi dipilih sebagai pemeran utama pria. Sementara itu, pemeran utama wanita awalnya adalah aktris Ah Seo-hyun. 

Namun drama tersebut menjadi berita utama karena “secara tidak adil” mengeluarkan Ahn Seo-hyun dari pemerannya, menurut ayahnya.  Kontroversi semakin besar ketika peran Ahn Seo-hyun ditawarkan kepada Kim Sae-ron. Namun, ada lebih dari itu dalam ceritanya. Produser mengungkapkan ayah Ahn Seo-hyun dan tuntutan yang “berlebihan” adalah penyebabnya. 

Akhirnya, drama "School 2020" dibatalkan. Karena masih memiliki Kim Yohan sebagai pemeran utama pria, mereka mengubah naskah, merekrut pemeran baru, dan membuat drama baru "School 2021". 

3. "Four Sons"

photo
Salah satu adegan di drama Four Sons. - (Dok. TV Chosun)

 

Drama "Four Sons" berpusat pada seorang pria yang mencoba memecahkan misteri di balik kematian ibunya. Pemeran utama prianya adalah Park Hae-jin. Saat pria tersebut terjerat dalam konspirasi, segalanya menjadi lebih aneh ketika dia menemukan pria lain yang mirip dengannya. 

Seperti "Joseon Exorcist", alur ceritanya membuat penonton tertarik hingga kontroversi dimulai. Syuting untuk serial ini dimulai pada tahun 2018, dengan Nana sebagai aktris utama wanita. Namun akhirnya ditunda beberapa bulan kemudian karena perbedaan pendapat antara sutradara dan perusahaan produksi Victory Contents. Nana dan sutradara sama-sama memutuskan untuk keluar dari drama. 

Meskipun syutingnya tertunda, perusahaan produksi berusaha menghentikan Park Hae-jin dari syuting drama tahun 2020 "Forest". Park Hae-jin akhirnya menggugat Victory Contents dan menang. Pada akhirnya, "Four Sons" dihapuskan, dan cuplikan filmnya diubah menjadi serial web enam episode "Genesis" tiga tahun kemudian. 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement