Jumat 10 Nov 2023 15:51 WIB

Gandeng Chef Arnold Purnomo, Maple & Oak Hadirkan Menu Baru 'Penuh Perasaan'

Menu baru ini bergaya Asian food yang terinspirasi dari berbagai negara.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Maple&Oak X Arnold Poernomo hadirkan menu spesial Thanksgiving.
Foto: Republika/ Santi Sopia
Maple&Oak X Arnold Poernomo hadirkan menu spesial Thanksgiving.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Restoran Maple & Oak, Jakarta, menghadirkan menu spesial. Kali ini, restoran tersebut menghadirkan suguhan ala Chef Arnold Poernomo yang diklaim bergaya Asian food dengan menu-menu yang juga terinspirasi dari beberapa negara.

Dinamai Mo's Poured & Plated Vol.5: 'Thanksgiving', paket makan malam ini mengusung konsep simpel, menarik dari segi tampilan dan juga mengenyangkan. Menurut Chef Arnold, masyarakat Indonesia sering kali tidak lepas dari yang namanya nasi.

Baca Juga

“Konsepnya Asian fushion gak harus ketat perlu cakep-cakep tapi nasi juga ada, jadi simpel dan mengenyangkan sekaligus bagus difoto,” ujar Chef Arnold, belum lama ini. 

Cita rasa dari menunya disebut punya tingkat acidity ketimuran dan simpel, tidak terlalu banyak campuran. Menu ini hendak memberikan rasa bahagia kepada konsumen, dengan menghadirkan komponen lengkap, bukan sayur ataupun hanya daging-dagingan.

Ada setidaknya empat sajian utama dan satu hidangan penutup dalam menu kolaborasi ini. Pertama, konsumen disuguhi hidangan ikan hamachi. Menu ini menjadi perpaduan segar sebagai pembuka, antara ikan dengan tekstur lembut, smoked ikura alias telur salmon, watermelon radish atau sejenis lobak merah muda, hingga fishbone oil dan saus ponzu yang biasa ada pada masakan Jepang.

Menu kedua, chilli crab memiliki cita rasa Asia, dengan kepiting Papua yang punya cita rasa sedikit manis. Hadir dalam bentuk sup, daging kepiting yang berpadu dengan BBQ cherry tomato dan egg custard, sangat menggungah selera dan memberikan kehangatan bagi yang menikmatinya.

Berikutnya 10-days aged duck, menjadi menu istimewa lain yang layak dicoba karena bebek panggang bersama petite bouche memang sempurna untuk makan malam. Kemudian crackpot, menu yang bisa dinikmati beramai-ramai karena disajikan dalam bentuk pot ini berisikan nasi koshihikari, wagyu picanha, dan saus onion serta sedikit sensasi lada hitam. Kemudian ada menu dessert Ramune, kombinasi antara yoghurt lemon, yuzu gel, lime snow, dan lainnya.

Chef Arnold mengaku senang bisa kembali ke dapur restoran setelah beberapa waktu jeda. Menurutnya, kolaborasi ini sebenarnya sudah cukup lama direncanakan.

Harga satu set dibanderol cukup terjangkau mulai dari Rp 800 ribuan. Chef Arnold mengatakan biasanya jika menu ditawarkan di atas Rp 1 juta, pasti akan ada ekspektasi lebih. Sehingga, baginya, lebih baik ekspektasi standar, namun kualitas luar biasa.

Owner & Founder Maple & Oak Riva Lauritz mengatakan kolaborasi ini merupakan bagian dari program makan Maple & Oak bertajuk "Poured & Plated". Restoran senantiasa melakukan eksplorasi dan menghargai talenta-talenta chef muda.

"Kami ingin merayakan perkembangan kuliner di Jakarta dengan memadukan cita rasa yang penuh perasaan, musik yang bagus, percakapan yang tiada henti, dan saat-saat yang menyenangkan," kata Riva Lauritz. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement