REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Celebrity chef Arnold Poernomo membagikan sejumlah kiat dalam menjalankan bisnis kuliner di saat pandemi Covid-19. Menurutnya, perlu adanya sedikit adaptasi dari para pelaku bisnis kuliner terutama dalam menyajikan kemasan agar lebih memperhatikan kesehatan yang saat ini menjadi isu utama.
"Setiap brand memiliki identitas sendiri dan selama pandemi ini mungkin lebih beradaptasi bagaimana kita menyajikan packaging higienis secara kebersihan, kesehatan," kata Arnold saat berbincang dalam jumpa pers virtual GoFood dan Digitarasa batch 2, Jumat.
Arnold mengungkapkan bahwa saat pandemi sekarang ini masyarakat cenderung mencari makanan dan minuman sehat. Ia mengatakan, hal tersebut bisa menjadi salah satu peluang baru bagi pelaku bisnis kuliner. Makanan siap masak juga menjadi salah satu yang diburu oleh masyarakat.
"Setiap bisnis F&B bisa beradaptasi ke situasi yang sekarang ada. Salah satu yang lagi berkembang itu adalah makanan siap masak, di mana orang lebih senang masak di rumah," ujar Arnold.
Di masa pandemi saat ini, menurut Arnold, para pelaku usaha kuliner juga harus tetap menjaga hubungan dengan konsumen. Interaksi memang menjadi lebih sering dilakukan secara virtual memanfaatkan teknologi.
"Selama pandemi, walaupun semuanya virtual atau digital, tapi setiap bisnis F&B, hubungan kita ke konsumen itu lebih dekat. Kita bisa berikan ekstra dan lain-lain," imbuhnya.