Jumat 10 Nov 2023 01:44 WIB

Jangan Sembarangan, Ini Kiat Pilih Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Kiat pertama untuk memilih produk perawatan kulit adalah berbahan alami.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Rutinitas memakai skincare saat malam (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Rutinitas memakai skincare saat malam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Saat memilih skincare atau kosmetik, terkadang wanita bingung mau pilih yang mana. Hal ini karena di pasaran, pilihannya sangat banyak dan terkadang memiliki kemiripan. Lalu bagaimana tipsnya memilih skincare atau kosmetik yang cocok untuk kita?

Marketing Manager BSKIN Indonesia, Dinda Ariestiany S.Farm., Apt. mengatakan kiat pertama adalah cari yang bahannya itu berbahan alami. "Kalau dari BSKIN sendiri, kami menggunakan bahan perlebahan. Semuanya bahan perlebahan.

Baca Juga

Tips kedua harus bebas dari bahan kimia berbahaya. Ini lantaran kita akan memakainya untuk jangka panjang. "Jangan cuma ingin dapat efek cepat, singkat. Tapi bahayanya ternyata menggerogoti ke organ-organ yang di dalam," ujarnya dalam acara BSKIN Exclusive Media Preview - Discover Timeless Beauty with BSKIN's Limited Edition Rose Gold Flawless Finish Perfecting Loose Powder, belum lama ini.

Kemudian kiat lainnya yang perlu diperhatikan adalah pilih skincare atau kosmetik yang simpel, tidak membuat repot. "Cari yang praktis," kata Dinda.

 

Pilih kosmetik yang bisa cocok untuk semua jenis dan warna kulit. Biasanya kosmetik ini berbahan alami madu dan royal jelly, yang memiliki fungsi untuk penenang kulit.

"Dia fungsinya menenangkan kulit. Karena ada bahan penenangnya itu fungsinya dari royal jelly dan madunya, itu yang membuat aman untuk semua jenis kulit," ujarnya.

Sementara untuk warna sendiri, pilih kosmetik yang bisa masuk untuk semua warna kulit, kosmetik ini pada saat digunakan akan meresap langsung dan menyesuaikan dengan warna kulit kita.

"Jadi tidak perlu takut, misalnya nanti saya takut keputihan atau kegelapan," ujarnya. Karena kosmetik ini nanti langsung meresap, dan justru nanti yang terlihat kilauannya.

Ia menambahkan kesalahan umum yang dilakukan orang saat memilih kosmetik adalah memilih warna yang salah. "Kadang kalau kita pakai bedak, tapi warna foundation-nya misalnya lebih terang terus bedaknya lebih gelap, itu yang akhirnya enggak sinkron," ungkap Dinda.

Setelah memilih dengan tepat, kita juga melakukan rangkaian penggunaan skincare dengan benar.

Caranya, pertama bisa menggunakan cleanser, kemudian gunakan essence. Essence ini penting digunakan karena berfungsi untuk membantu penyerapan bahan berikutnya yang digunakan dua kali, pagi dan malam.

Setelah itu, dilanjutkan dengan serum, kemudian moisturizer. Anda bisa melanjutkan dengan penggunaan SS cream, baru terakhir gunakan loose powder. "Nah, habis itu baru setelah menggunakan rangkaian yang full tadi, ya, dari cleansernya," ujar Dinda.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement