Rabu 08 Nov 2023 19:30 WIB

Warna dan Tekstur Lidah Berikan Gambaran tentang Kesehatan Seseorang

Gambar lidah 95 persen akurat dalam mendiagnosis kondisi seperti diabetes dan anemia.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Pemeriksaan lidah (ilustrasi). Penelitian terbaru mengungkapkan gambar lidah 95 persen akurat dalam mendiagnosis kondisi seperti diabetes dan anemia.
Foto:

Pendekatan diagnostik pengobatan tradisional China mencakup penilaian warna, bentuk, kelembaban, dan ketebalan lidah selama 15-20 detik, tutur Chu. Praktisi juga mempertimbangkan konteks riwayat kesehatan pasien dan temuan pemeriksaan lainnya. 

“Implikasi yang berbeda mungkin ada pada kesehatan seseorang, mental, pencernaan, atau lainnya, tergantung pada Ciri atau variasi warna yang ada di berbagai bagian tubuh lidah,” ujar Chu. 

Selain itu, meskipun lidah Anda dapat memberikan informasi tentang status kesehatan Anda, kesehatan lidah itu sendiri juga penting karena tingkat kanker lidah sedang meningkat. 

“Ketika sesuatu terjadi pada lidah Anda, hal itu harus ditanggapi dengan sangat serius,”kata Kevin Contrera, MD, MPH, ahli bedah kepala dan leher di UPMC di Pittsburgh, Pennsylvania kepada Verywell.

Menurut Contrera, warna adalah komponen penting dalam pemeriksaan lidah. Lesi prakanker cenderung tampak putih, sedangkan lidah murah, pembuluh darah, atau berdarah juga bisa menandakan kanker. 

Merokok, alkohol, dan human papillomavirus (HPV) semuanya dapat meningkatkan risiko terkena kanker lidah, namun terdapat beberapa bukti bahwa pola makan yang kurang buah dan sayur juga merupakan faktor risiko. 

“Kami mulai memahami lebih banyak tentang mikrobioma dan dampak bakteri alami yang menghuni usus dan rongga mulut kita. Dan hal tersebut pada dasarnya diprogram berdasarkan makanan yang kita makan, ujar Contrera. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement