Sabtu 27 May 2023 00:30 WIB

Lima Tanda Awal Silent Killer yang Terasa di Lidah

Perubahan pada lidah bisa menjadi indikasi beberapa penyakit mematikan.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan menjulurkan lidahnya. Perubahan pada lidah bisa menjadi indikasi beberapa penyakit mematikan.
Foto: EPA/FRANCK ROBICHON
Seorang perempuan menjulurkan lidahnya. Perubahan pada lidah bisa menjadi indikasi beberapa penyakit mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda pernah mengalami masalah seperti benjolan, bercak putih, dan bintik-bintik kecil di mulut dan lidah Anda? Masalah itu bisa jadi tidak berbahaya, tetapi terkadang dapat memberikan beberapa petunjuk tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Perubahan pada lidah bahkan bisa menjadi indikasi beberapa penyakit mematikan. Jadi, ketika menyikat gigi, lihatlah lidah Anda. Ada banyak hal yang mungkin Anda temukan.

Baca Juga

1. Bintik-bintik putih yang bisa dikerok

Dokter umum dari National Health Services (NHS), dr Rachel Ward dari Woodlands Medical Center di Didcot, mengatakan bintik-bintik putih yang dapat disikat dengan sikat gigi bisa menjadi tanda sariawan.

 

"Ini sering dikaitkan dengan rasa sakit, rasa tidak enak, dan kesulitan makan dan minum," ujar dr Ward, seperti dikutip dari laman The Sun, Jumat (26/5/2023).

Sariawan termasuk kasus umum dan biasanya mudah diobati. Lain halnya jika menjadi masalah berulang. Bisa jadi itu mungkin menunjukkan masalah kesehatan mendasar lainnya, seperti masalah dengan sistem kekebalan atau kekurangan zat gizi.

2. Bercak putih di lidah dan di dalam mulut yang tidak akan hilang

Memiliki bercak putih di lidah yang tidak mau lepas dikenal sebagai leukoplakia. Hal ini disebabkan oleh paparan iritan kronis, seperti merokok, menurut dr Ward.

Bercak itu biasanya jinak. Akan tetapi, itu bisa menjadi gejala prakanker dan perlu diperiksa oleh dokter gigi atau dokter umum.

3. Bisul mulut

Bisul di mulut dan di lidah sering terjadi dan meskipun menyakitkan. Umumnya itu akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari.

"Jika Anda memiliki bisul yang tidak kunjung sembuh atau benjolan baru di lidah, itu bisa menjadi tanda kanker mulut dan Anda harus segera menemui dokter atau dokter gigi," ujar dr Ward.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement