Senin 15 May 2023 06:35 WIB

Rasa Pahit, Metalik, Manis, Asam, dan Asin Tertinggal di Mulut, Gejala Penyakit Apa?

Segera ke dokter jika rasa tertentu bertahan berhari-hari di lidah.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Tanda di lidah dan mulut yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Tanda di lidah dan mulut yang bisa menunjukkan kondisi kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan yang dikonsumsi sehari-hari mungkin meninggalkan rasa di mulut Anda, terutama makanan yang beraroma kuat, misalnya bawang putih dan bawang merah. Sebagian besar rasa yang kuat dari makanan bisa hilang dengan membersihkan gigi dan rongga mulut.

Di lain sisi, seorang apoteker dari apotek daring Chemistclick.co.uk Abbas Kanani menyarankan seseorang harus menemui dokter jika dia melihat perubahan selera yang tiba-tiba dan signifikan atau jika ada rasa tertentu bertahan selama lebih dari beberapa hari di lidah Perubahan rasa yang terus-menerus bisa menjadi tanda kondisi medis yang mendasarinya yang mungkin memerlukan perawatan segera.

Baca Juga

"Jika perubahan rasa disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, demam, atau kesulitan menelan, Anda harus menemui dokter," kata Kanani, dilansir laman Express, Jumat (12/5/2023).

Kanani membuat daftar lima rasa yang dapat mengingatkan Anda akan sesuatu yang salah dengan kesehatan Anda.

Rasa pahit

Rasa pahit di mulut Anda bisa menjadi tanda masalah hati atau kandung empedu, GERD (gastroesophageal reflux disease), atau obat-obatan tertentu. Mual, muntah, sakit, perut, dan kelelahan juga bisa menyertai rasa pahit.

Selain itu, rasa pahit juga terkait dengan perubahan hormonal, kesehatan mulut yang buruk, penggunaan obat-obatan dan stres.

Rasa metalik

Masalah gigi dapat meninggalkan rasa metalik di mulut dan merupakan tanda penyakit atau infeksi gusi atau kondisi medis yang mendasarinya seperti penyakit ginjal, penyakit hati, atau diabetes. Rasa metalik juga dapat muncul bersamaan dengan penurunan indra perasa atau penciuman, mulut kering, atau perubahan nafsu makan. Beberapa orang juga mengalami rasa metalik jika mengalami mulas, refluks asam, dan gangguan pencernaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement