Selasa 07 Nov 2023 14:05 WIB

Fans BTS Kritik Seoul Music Awards, Kecewa Album Suga dan RM tak Masuk Nominasi

Kekecewaan fans BTS terhadap Seoul Music Awards bukan tanpa alasan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Suga (kiri) dan RM BTS (kanan). Fans BTS kecewa terhadap Seoul Music Awards karena album Suga dan RM tak masuk nominasi.
Foto: Dok. BigHit/Hybe
Suga (kiri) dan RM BTS (kanan). Fans BTS kecewa terhadap Seoul Music Awards karena album Suga dan RM tak masuk nominasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penggemar RM dan Suga BTS, Army (sebutan fandom BTS) membuat tren di X (sebelumnya Twitter) soal perhelatan Seoul Music Awards (SMA). Mereka mengungkapkan kemarahan mereka atas absennya idolanya dalam nominasi Seoul Music Awards 2023.

Suga merilis album solonya bertajuk D-Day pada April 2023, sementara RM merilis album solonya berjudul Indigo pada Desember 2022.

Baca Juga

Kedua album ini meraih banyak pujian, baik dari pendengar maupun kritikus musik. Namun RM dan Suga tidak mendapatkan satu pun nominasi dalam Seoul Music Awards 2023.

Seorang penggemar dengan akun @minngeni*** di X mengungkapkan kekecewaannya. "Apa kredibilitas sebuah acara penghargaan jika album berusia tiga hari bisa masuk nominasi tapi D-Day, album berbahasa Korea yang penuh dengan sejarah, tidak?," tulis @minngeniuss, dilansir Sports Keeda, Selasa (7/11/2023).

 

Pada Oktober 2023, Seoul Music Awards mencakup penghargaan Fan Choice of the Year dan October World Trend Artist Award, yang masing-masing dimenangkan oleh Kim Taehyung (V) dan BTS pada 3 November 2023. Ini menjadi berita positif bagi para penggemar BTS, terutama karena grup sedang dalam masa jeda, dengan anggotanya mengejar proyek solo atau mendaftar di militer.

Namun, beberapa penggemar merasa kecewa karena RM dan Suga tidak mendapatkan nominasi yang mereka anggap pantas. Mereka mengungkapkan ketidakpuasan mereka melalui tagar seperti "SEOUL MUSIC AWARD IS RIGGED”, "D-DAY DESERVES BETTER”, dan "INDIGO DESERVES BETTER”. Tagar "SEOUL MUSIC AWARD IS RIGGED" mendapatkan lebih dari 23,5 ribu retweet dan postingan.

Penggemar mencatat bahwa album D-DAY oleh Agust D (Suga) dinobatkan sebagai salah satu album terbaik pada 2023 oleh The Rolling Stones, tapi tidak masuk nominasi di Seoul Music Awards 2023. Album Indigo milik RM juga mendapat banyak pujian di seluruh dunia. Ini memicu protes dari penggemar BTS Army.

Sebagai akibatnya, para penggemar menyuarakan ketidakpuasan mereka di X, dan Seoul Music Awards 2023 mendapat reaksi keras dari penggemar BTS Army. Meskipun BTS memenangkan beberapa penghargaan di acara tersebut, penggemar masih merasa bahwa RM dan SUGA seharusnya juga diakui.

Seoul Music Awards, yang telah ada sejak 1990, adalah sebuah acara penghargaan yang dikelola oleh Sports Seoul, yaitu sebuah organisasi media Korea Selatan. Upacara penghargaan ini dikenal dengan pengumuman bulanan para pemenang di berbagai kategori, termasuk Pilihan Penggemar Tahun Ini dan Penghargaan Artis Tren Dunia Bulanan.

Sementara itu, tur konser solo "D-DAY" Suga BTS menjadi tur solois Asia dengan pendapatan kotor tertinggi dengan mengumpulkan lebih dari 57,2 juta dolar AS (sekitar Rp 890 miliar). Album Indigo milik Kim Namjoon, alias RM memperoleh sertifikasi double platinum dari Korea Music Content Association pada Januari 2023.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement