Selasa 07 Nov 2023 14:43 WIB

Suga dan RM BTS tak Masuk Nominasi Seoul Music Awards, Fans Tuduh Ada Kecurangan

Album RM dan Suga BTS dinilai memiliki pencapaian luar biasa di industri K-pop.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
RM BTS (kiri) dan Suga (kanan). Album solo RM dan Suga tidak masuk nominasi Seoul Music Awards. Penggemar lantas menuduh ada kecurangan di penghargaan musik Korea itu.
Foto: Dok. BigHit
RM BTS (kiri) dan Suga (kanan). Album solo RM dan Suga tidak masuk nominasi Seoul Music Awards. Penggemar lantas menuduh ada kecurangan di penghargaan musik Korea itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggemar BTS, Army (sebutan fandom) mengungkapkan kekecewaannya terhadap acara penghargaan Seoul Music Awards yang baru-baru ini mengumumkan nominasinya. Mereka menuduh ada kecurangan di Seoul Music Awards sehingga SUga dan RM tidak dimasukkan dalam nominasi.

Seoul Music Awards mengumumkan nominasi untuk putaran pertama pemungutan suara. Dalam daftar nominasi tersebut, empat anggota BTS dinominasikan untuk album-album mereka dalam beberapa kategori.

Baca Juga

Sementara itu, banyak penggemar mengakui betapa sulitnya memilih di antara anggota BTS, beberapa Army mulai membuat tagar "Seoul Music Awards Rigged" dan tagar lainnya sebagai bentuk protes atas penghilangan karya rapper Suga dan RM dari nominasi. Sepanjang tahun ini, Suga dan RM telah merilis sejumlah lagu dan album yang mendapat apresiasi luas dari penggemar dan kritikus musik.

Namun, setelah kedua anggota ini diabaikan dalam nominasi, penggemar tidak bisa menyembunyikan rasa kekecewaan mereka terhadap keputusan ini. Beberapa Army menunjukkan betapa tidak adilnya situasi ini dan membagikan ulasan positif tentang karya-karya RM dan Suga, serta pencapaian mereka.

 

Penggemar juga menyebutkan alasan mengapa kedua anggota ini seharusnya dimasukkan dalam nominasi. "Bagaimana mungkin album yang mendapat apresiasi dari banyak kritikus dan ulasan tidak dimasukkan dalam nominasi??? Seoul Music Awards dicurangi. D-DAY layak lebih baik. Agust D (Suga) layak lebih baik. Indigo layak lebih baik. RM layak lebih baik,” tulis akun @Thaniaa***.

Penggemar lain menyuarakan protes serupa, mencatat pencapaian album D-DAY dan Indigo, serta menyerukan keadilan.” Kami ingin tahu apa kriteria yang menyebabkan D-DAY tidak dimasukkan dalam nominasi di #SeoulMusicAwards ketika album ini ditulis dan diproduksi sendiri, laku jutaan kopi, dan mendapat apresiasi kritikus. D-DAY layak lebih baik,” tulis akun @mygin***.

Meskipun ini bukan kali pertama Army merasa dua anggota senior BTS kurang mendapat penghargaan yang seharusnya. Ketika MAMA Awards 2023 mengumumkan nominasinya, banyak penggemar merasa kecewa karena RM dan Jin tidak masuk dalam daftar.

"Sejujurnya, aku sedih karena Namjoon (RM) tidak masuk nominasi MAMA. Indigo adalah album luar biasa,” tulis akun @morelovefo***.

Dalam hal nominasi MAMA Awards, penggemar lain juga mengungkapkan kekecewaan mereka dengan bertanya. "Nominasi MAMA hanya... Di mana Namjoon dan Jin?" tulis akun @Moonie***.

Banyak yang merasa bahwa semua anggota BTS telah bekerja keras sepanjang tahun dengan perilisan-perilisan mereka yang fenomenal. Penggemar merasa sedih karena tidak semua anggota mendapatkan pengakuan yang seharusnya atas dedikasi dan kerja keras mereka.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement