Selasa 07 Nov 2023 11:30 WIB

Lakukan Delapan Cara Ini demi Perlambat Penuaan Biologis

Usia fenotip berkorelasi dengan risiko kematian dini seseorang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Orang lanjut usia. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperlambat penuaan biologis.
Foto:

5. Kelola berat badan Anda

Mengupayakan berat badan normal yang didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 dan 25. BMI yang lebih rendah dari itu dianggap kurus, BMI antara 25 dan 29,9 dianggap kelebihan berat badan, dan BMI 30 atau lebih dianggap obesitas.

6. Kontrol kadar kolesterol

Bagi kebanyakan orang dewasa, dianjurkan kadar (LDL) kurang dari 100. Bagi orang-orang yang berisiko tinggi, seperti mereka yang pernah mengalami serangan jantung atau stroke atau yang memiliki bentuk genetik kolesterol tinggi, disarankan untuk memiliki tingkat LDL kurang dari 70.

7. Kelola gula darah

Kisaran gula darah puasa yang sehat adalah lebih rendah dari 100 mg/dL. Sedangkan 100 hingga 125 mg/dL menunjukkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2.

8. Kelola tekanan darah 

Tekanan darah sistolik kurang dari 120 mm Hg dan tekanan diastolik kurang dari 80 mm Hg adalah yang paling sehat.

Penulis studi Nour Makarem mengatakan dengan meningkatkan kesehatan jantung, kita dapat memperlambat proses penuaan tubuh. "Penelitian menunjukkan bahwa perubahan bertahap pun dapat meningkatkan kesehatan jantung dan memperlambat penuaan. Yang kerennya, ada delapan faktor kesehatan dan perilaku yang bisa diubah. Ini adalah pesan yang penuh harapan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement