Selasa 07 Nov 2023 11:30 WIB

Lakukan Delapan Cara Ini demi Perlambat Penuaan Biologis

Usia fenotip berkorelasi dengan risiko kematian dini seseorang.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Friska Yolandha
Orang lanjut usia. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperlambat penuaan biologis.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Orang lanjut usia. Lakukan beberapa cara di bawah ini untuk memperlambat penuaan biologis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi tua tidak bisa dihindari setiap makhluk hidup. Namun, bagi manusia, penuaan bisa diperlambat jika seseorang menerapkan gaya hidup sehat. 

Cara tersebut dikenal sebagai Life's Essential 8 yang dilaporkan oleh penelitian Columbia University. Data dari lebih dari 6.500 orang dewasa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hingga lima tahun antara usia kronologis dan usia biologis seseorang yang juga dikenal sebagai usia fenotip.

Baca Juga

Usia fenotipikal dihitung dengan menggabungkan usia aktual seseorang dengan tingkat sembilan penanda dalam darah yang dikumpulkan sebagai bagian dari pemeriksaan fisik tahunan. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa usia fenotip berkorelasi baik dengan risiko kematian dini seseorang.

Di antara kadar darah yang berperan dalam menentukan usia biologis seseorang adalah yang menunjukkan kesehatan hati, ginjal dan sistem kekebalan tubuh, risiko diabetes, dan tingkat peradangan.

Berikut ini Life's Essential 8 berdasarkan panduan dari Asosiasi Jantung Amerika, dikutip dari NBC News, Selasa (7/11/2023).

1. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang terdiri atas beragam buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, sumber protein sehat (kebanyakan tumbuhan dan makanan laut), minyak nabati non-tropis, dan makanan olahan minimal. Kurangi garam dan alkohol dan hindari gula tambahan.

2. Aktif olahraga

Usahakan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit sedang hingga berat dalam sepekan dan dua hari dalam sepekan untuk aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang hingga tinggi.

3. Berhenti merokok

Merokok adalah penyebab kematian dini yang paling dapat dicegah di AS.

4. Atur jam tidur dengan baik

Usahakan tidur rata-rata tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Mengupayakan berat badan normal yang....

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement