Jumat 03 Nov 2023 07:23 WIB

Takut Minum Obat Penunda Haid? Ini Cara untuk Mengurangi Efek Sampingnya

Obat penund ahaid memiliki sejumlah efek smaping.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Obat penunda haid (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi efek dari obat penunda haid.
Foto: www.pixabay.com
Obat penunda haid (ilustrasi). Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi efek dari obat penunda haid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obat penunda haid terkadang dipilih wanita sebagai cara untuk menunda datang bulan. Misalnya saat wanita hendak beeprgian, menunaikan umroh, atau seperti yang terjadi di Palestina di mana para wanita mengalami keterbatasan pembalut dan sanitasi sehingga mereka terpaksa mengonsumsi obat penunda haid.

Obat penunda haid memiliki sejumlah efek samping. Bagi Anda yang ingin meminumnya, tapi takut terhadap efek samping yang ditimbulkan, berikut ini ada beberapa acara agar aman mengonsumsi obat penunda haid seperti dilansir laman Hexa Health:

Baca Juga

Mengonsumsi tablet penunda siklus haid tidak dianjurkan dalam jangka waktu lama. Namun, jika seseorang harus meminum obat ini karena alasan masing-masing, poin-poin berikut dapat digunakan untuk mengurangi efek samping secara signifikan. Ini adalah:

1. Ikuti dosis yang diresepkan

 

Untuk meminimalisasi efek samping tablet penundaan menstruasi, tablet harus diminum persis seperti yang diresepkan oleh dokter. Overdosis atau perubahan lainnya dapat menjadi perhatian.

2. Hidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup dapat mengurangi banyak efek samping dari penggunaan tablet penunda menstruasi. Air mengeluarkan racun dan menjaga tubuh bebas dari banyak penyakit kesehatan.

3. Minum obat dengan makanan

Efek samping tablet penundaan periode telah diketahui dapat dikontrol secara signifikan bila dikonsumsi bersama makanan. Ini membantu melawan gejala seperti sembelit, mual, sakit perut, dan lainnya.

5. Hindari alkohol dan obat lain

Penggunaan alkohol dan obat lain dapat mempercepat periode penundaan efek samping tablet. Oleh karena itu, selalu beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang obat yang sudah atau akan Anda konsumsi bersama dengan tablet penundaan menstruasi.

Kapan harus mencari bantuan medis?

Seseorang harus selalu mencari nasihat medis sebelum dan sesudah meminum tablet penunda siklus menstruasi. Konsultasi menjadi suatu keharusan dalam kasus-kasus berikut: 

1. Seseorang harus berkonsultasi dengan dokter kandungannya sepekan atau 10 hari sebelum tanggal menstruasinya. Obat-obatan ini tidak boleh diminum tanpa konsultasi dokter karena ada efek samping tablet yang tertunda selama beberapa periode.

2. Seseorang harus berkonsultasi dengan dokter jika merasakan masalah yang berlebihan setelah meminum tablet penunda haid. Ini termasuk muntah berlebihan, sakit perut, sakit kepala, dan bentuk ketidaknyamanan lainnya.

3. Jika seseorang tidak mendapat menstruasi bahkan setelah 10 hingga 15 hari meminum tablet, mereka harus mencari bantuan medis untuk mengetahui penyebab pastinya.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement