Kamis 02 Nov 2023 20:15 WIB

Tak Sembarang Kacamata Hitam, Sinar UV Hanya Bisa Diblok dengan Lensa Khusus

Kacamata hitam biasa tidak bisa melindungi mata seseorang dari paparan sinar UV.

Untuk melindungi mata dari sinar UV dibutuhkan kacamata gelap dengan lensa khusus.
Foto: www.freepik.com
Untuk melindungi mata dari sinar UV dibutuhkan kacamata gelap dengan lensa khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis mata sekaligus peneliti di Universitas Indonesia Dr dr Elvioza, SpM(K), mengingatkan bahwa bukan kacamata lensa gelap yang dibutuhkan untuk melindungi mata dari paparan sinar ultraviolet (UV), melainkan kacamata berlensa khusus. “Bukan kacamata gelap yang dibutuhkan, karena itu hanya memblok visible light (cahaya yang terlihat),” ujar Elvioza dalam sebuah konferensi pers di Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Untuk melindungi mata dari sinar UV, Elvioza mengatakan bahwa seseorang membutuhkan kacamata khusus yang dapat memutus sinar dengan panjang gelombang di bawah 400 nanometer. Oleh karena itu, apabila kacamata gelap yang digunakan tidak mampu memblokir sinar dengan panjang gelombang di bawah 400 nm, maka kacamata tersebut tidak dapat melindungi seseorang dari paparan sinar UV.

Baca Juga

“Nah, sebaiknya pakai kacamata yang mampu memblok panjang gelombang di bawah 400 nanometer,” kata Elvioza.

Fungsi mata adalah untuk menangkap sinar. Namun, ujar Elvioza melanjutkan, ketika sinar ditangkap oleh mata secara berlebihan, maka sinar tersebut akan memengaruhi sel-sel mata yang berada di retina.

 

Elvioza memaparkan bahwa terdapat berbagai spektrum sinar, seperti ultraviolet dan inframerah. Kedua spektrum tersebut, ujar Elvioza, yang bisa merusak sel-sel di retina.

“Terutama spektrum ultraviolet ini,” ucap dia.

Elvioza menjelaskan bahwa sinar ultraviolet merupakan sinar yang tidak terlihat oleh mata dengan panjang gelombang 100–400 nanometer. Sedangkan, sinar yang terlihat oleh mata memiliki panjang gelombang 400–700 nanometer.

“Karena tidak terlihat, artinya kacamata yang dibutuhkan bukan kacamata gelap. Kalau kacamata gelap yang kita pakai itu bukan ultraviolet yang terblokir, melainkan visible light (sinar yang terlihat),” kata Elvioza lagi.

Kacamata yang dibutuhkan untuk melindungi mata dari sinar UV adalah yang memiliki lensa khusus yang mampu melindungi mata dari sinar dengan panjang gelombang di bawah 400 nm.

“Pakai kacamata gelap cuma jadi adem saja,” ujar Elvioza.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement