Rabu 01 Nov 2023 09:13 WIB

Pilot Matikan Mesin Pesawat di Tengah Penerbangan, Ngaku Habis Makan Jamur Ajaib, Apa Itu?

Bagaimana dampak yang dirasakan setelah mengonsumsi jamur ajaib?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Jamur (ilustrasi). Ada beberapa efek yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi magic mushroom atau jamur ajaib.
Foto: Dok. www.freepik.com
Jamur (ilustrasi). Ada beberapa efek yang dapat dirasakan ketika mengonsumsi magic mushroom atau jamur ajaib.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada pekan lalu, pilot Alaska Airlines yang sedang tidak bertugas, Joseph David Emerson, dituduh mencoba mematikan mesin di tengah penerbangan. Emerson, yang mengaku tidak bersalah atas sejumlah tuntutan pidana, dilaporkan mengatakan kepada polisi bahwa dia telah mengonsumsi jamur ajaib 48 jam sebelum penerbangan. 

Sebenarnya apa itu jamur ajaib dan bagaimana dampak yang dirasakan setelah mengonsumsinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya seperti dilansir BestLife, Rabu (1/11/2023):

Baca Juga

1. Apa itu jamur ajaib?

Menurut Alcohol and Drugs Foundation, psilocybin yang juga dikenal sebagai jamur ajaib, muncul secara alami dan dikonsumsi karena sifat halusinogennya. Obat-obatan psikedelik ini dapat memengaruhi semua indera, mengubah kognisi, persepsi waktu, dan emosi seseorang. 

Mereka menimbulkan halusinasi dan menyebabkan orang melihat hal-hal yang tidak nyata atau menyimpang. Psilocybin adalah zat yang dikendalikan. Beberapa tahun terakhir, potensinya mendapat perhatian dalam mengobati kondisi seperti depresi, gangguan penggunaan alkohol, kecanduan merokok, gangguan obsesif-kompulsif, anoreksia, gangguan stres pasca-trauma, dan kecemasan.

2. Peneliti sedang mempelajari penggunaannya

Meskipun regulator federal telah mengeluarkan rancangan pedoman penggunaan obat tersebut dalam lingkungan penelitian, tapi belum disetujui untuk pengobatan. Saat ini Oregon adalah satu-satunya negara bagian yang menyetujui program terapi psilocybin dan Colorado diperkirakan akan menawarkan program serupa pada tahun 2025.

3. Semakin banyak dikonsumsi semakin besar kesadaran Anda berubah

Mirip dengan obat lain, semakin besar dosisnya, maka tingkat kesadaran seseorang akan semakin berubah. Namun, pada jamur liar, jumlah psilocybin tidak dapat diprediksi. 

“Bahkan dua jenis jamur yang sama yang ditanam bersebelahan dapat memiliki jumlah psilocybin yang sangat berbeda," kata direktur pusat Penelitian Psikedelik dan Kesadaran Johns Hopkins, Fred Barrett.

4. Efek dapat bertahan hingga 24 jam

Jamur bekerja cepat jika dikonsumsi sejak dini dengan efek puncaknya sekitar 60 hingga 90 menit setelah dikonsumsi dan bertahan empat hingga delapan jam. Obat tersebut benar-benar hilang dari tubuh Anda setelah 24 jam. 

“Kami belum memiliki bukti adanya orang yang mengalami reaksi berkepanjangan terhadap psilocybin,” kata Barrett.

5. Psilocybin bekerja dengan mengikat reseptor serotonin

Psilocybin berikatan dengan reseptor serotonin spesifik. Neuroimaging menunjukkan bahwa setelah seseorang mengonsumsi psilocybin, wilayah otak yang biasanya tidak berkomunikasi satu sama lain mulai berkomunikasi dengan cara baru. Para peneliti berpendapat bahwa jenis perubahan ini dapat membantu mengobati orang dengan masalah kejiwaan atau kondisi kesehatan mental.

6. Bantu memutus siklus otak yang terjebak dalam suatu sirkuit

“Pasien dengan gangguan kejiwaan, biasanya otak mereka terjebak dalam sirkuit yang tidak dapat mereka tinggalkan dan psikedelik memutus siklus itu,” kata salah satu direktur Pusat Penelitian & Terapi Psikedelik di Dell Medical Sekolah di University of Texas di Austin, Charles Nemeroff.

7. Kurangi aktivitas otak di area yang terlibat dalam membangkitkan rasa diri

Menurut penelitian, psilocybin mengurangi aktivitas di area otak yang terlibat dalam pembentukan rasa jati diri yang dapat menyebabkan beberapa orang merasa lebih terhubung dengan orang lain dan dunia di sekitar mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement