Selasa 31 Oct 2023 18:26 WIB

BTS Jadi Orang Paling Berpengaruh di Industri Hiburan Korea Berdasarkan Survei

Meski aktivitas grup sedang hiatus, namun BTS dinilai berperan di industri hiburan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop BTS. BTS jadi orang paling berpengaruh di industri hiburan Korea menurut survei media Joy News 24.
Foto: Dok BigHit Music
Grup K-pop BTS. BTS jadi orang paling berpengaruh di industri hiburan Korea menurut survei media Joy News 24.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk merayakan ulang tahun ke-19 outlet media JoyNews24, mereka melaksanakan survei tahunan untuk mengidentifikasi figur paling berpengaruh dalam industri hiburan Korea. Survei tahun ini berlangsung dari 18 hingga 25 September 2023 dan melibatkan 200 partisipan, termasuk individu dari industri hiburan, penyiaran, jurnalis, dan pembuat konten.

Peserta ini memilih orang-orang yang mereka anggap sebagai "Orang Berkekuatan" teratas, baik di bidang K-pop maupun di bidang lain dalam industri hiburan Korea, yang telah memberikan kontribusi besar selama satu tahun terakhir. Meskipun tiga anggota BTS saat ini menjalani wajib militer dan anggota lainnya sedang berkarier solo, BTS berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar "2023 Entertainment Power People".

Baca Juga

Dilansir Koreaboo pada Selasa (31/10/2023), posisi ini menunjukkan seberapa besar pengaruh grup K-pop, bahkan ketika mereka sedang dalam masa hiatus dari promosi bersama. Solois Lim Young-woong menempati posisi kedua. Meskipun mungkin tidak dikenal secara internasional, dia memiliki basis penggemar yang besar di kalangan pendengar musik paruh baya dan lebih tua di Korea Selatan, yang menjadikannya berada di peringkat atas dalam daftar ini. 

Setelah itu, ada NewJeans menempati posisi ketiga, yang merupakan pencapaian mengesankan mengingat grup ini baru debut sekitar setahun yang lalu, menunjukkan dampak besar yang mereka berikan dalam industri K-pop. Posisi keempat diisi oleh tiga individu dengan hasil imbang, yaitu CEO Ador Min Hee-jin, Jennie Blackpink, dan pembawa acara TV Dex, masing-masing meraih 10 suara. Sedangkan Blackpink secara keseluruhan meraih sembilan suara, yang menempatkan mereka di posisi kelima.

Di peringkat keenam, lima individu yang berbeda masing-masing meraih enam suara termasuk pendiri Bighit Music dan Hybe Labels Bang Si-hyuk, komedian dan pembawa acara Yoo Jae-suk, Lee Hyori, aktris Lim Ji-yeon, dan penulis skenario Kim Eun-seok, dua di antaranya mendapat pengakuan atas karya mereka di K-drama "The Glory”. Meskipun beberapa orang lainnya masuk dalam daftar dengan jumlah suara yang lebih sedikit, mereka tetap merupakan penghibur yang dihormati dan diakui oleh industri hiburan Korea atas kontribusi mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement