Sabtu 28 Oct 2023 19:14 WIB

Film Horor dengan Plot Twist Terbaik

Film horor kerap memiliki plot twist yang mengejutkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan film The Others.
Foto: Tangkapan layar youtube
Salah satu adegan film The Others.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Plot twist yang diselipkan di akhir film sering kali memberikan efek kejut tak terlupakan bagi penonton. Tak jarang, twist di akhir cerita juga turut memperkaya jalan cerita dari keseluruhan film.

Genre film yang kerap menyelipkan plot twist di akhir cerita adalah film horor. Film horor pertama yang tercatat memiliki twist mengejutkan di akhir cerita adalah The Cabinet of Doctor Caligari yang dirilis pada 1920.

Baca Juga

Sejak saat itu, twist ending menjadi tren yang semakin populer dalam film-film horor. Meski tak semuanya berhasil, ada cukup banyak film horor yang mampu menghadirkan twist di akhir cerita dengan sangat apik.

Beberapa di antaranya adalah film Sinister (2012), The Wicker Man (1973), Secret Window (2004), Whatever Happened To Baby Jane (1962), dan Les Diaboliques (1955). Berikut ini adalah lima film horor dengan twist ending terbaik versi ScreenRant, seperti dikutip Republika.co.id pada Jumat (27/10/23):

1. Don't Look Now (1973)

photo
Salah satu adegan di film Dont Look Now. - (Dok. British Lion Films)

 

Dari beragam film horor dengan twist di akhir cerita, Don't Look Now dianggap layak menempati urutan teratas. Film ini berkisah mengenai pasangan yang baru saja kehilangan anak mereka. Namun suatu kejadian membuat keduanya meyakini bahwa anak mereka masih hidup. Alur yang dihadirkan dalam film mampu membuat para penonton merasakan kebingungan yang sama dengan tokoh utama dalam film.

Twist yang diselipkan pada akhir film membuat Don't Look Now menjadi film horor yang benar-benar berbeda. Twist tersebut mampu menambah kedalaman dan makna pada adegan-adegan yang muncul di awal film.

2. You're Next (2011)

photo
Salah satu adegan di film Youre Next. - (Dok. Lionsgate)

 

Film ini berkisah mengenai Erin (Sharni Vinson) yang berusaha sekuat tenaga untuk melindungi keluarga pasangannya yang dikepung oleh penjahat bertopeng. Pada akhir cerita, Erin mendapati fakta bahwa situasi yang sebenarnya dia hadapi bertolak belakang dengan apa yang dia kira selama ini. Banyak kritikus dan penggemar film yang merasa puas dan takjub dengan twist yang disematkan di akhir cerita film ini.

3. The Others (2001)

photo
Film The Others. - (Warner Sogefilms)

 

Twist di akhir film ini benar-benar mengubah keseluruhan cerita dalam The Others. Film ini berkisah mengenai seorang ibu bernama Grace (Nicole Kidman) yang religius bersama anak-anaknya. Di masa Perang Dunia II dia memboyong keluarganya untuk pindah sambil tetap menanti kepulangan suaminya yang hilang.

Di saat yang sama, Grace harus melindungi anak-anak mereka dari penyakit langka yang membuat mereka tak bisa terpapar sinar matahari. Seiring berjalannya waktu, kejadian mengerikan yang mereka hadapi membuat Grace yakin bahwa ada kekuatan supernatural yang sedang mengganggunya di rumah baru.

Banyak penonton terkecoh dan menganggap bahwa film horor ini memiliki plot yang biasa, sampai mereka menonton bagian akhir film. Meski sangat mengejutkan, twist di akhir film ini juga turut memberikan kelegaan sekaligus rasa puas bagi penonton.

4. The Sixth Sense (1999)

photo
Salahs satu adegan dalam film The Sixth Sense - (CNBC)

 

Cole Sear muda sering kali merasa ketakutan karena kerap dikunjungi oleh hantu-hantu. Para hantu tersebut mendatangi Cole dengan beragam masalah mereka yang belum terselesaikan. Di sisi lain, Cole merasa takut untuk mengungkapkan pengalamannya kepada orang lain, kecuali kepada psikolog anak Dr Malcolm Crowe. Dr Crowe yang mencoba mencari kebenaran di balik kemampuan supernatural Cole justru membuatnya harus berhadapan dengan sesuatu yang sulit dijelaskan.

Film ini memiliki alur yang kuat dan mampu membangun ketegangan seiring dengan berjalannya cerita. Saat tiba di akhir cerita, penonton akan menyadari bahwa semua alur cerita yang mereka tonton sebelumnya dibangun berdasarkan sebuah twist yang mengejutkan. Twist ini merupakan salah satu alasan yang membuat banyak penonton ingin menyaksikan ulang film ini.

5. Saw (2004)

photo
Salah satu adegan Saw. - (Dok. Lions Gate Films)

 

Banyak penggemar film yang mungkin tidak bisa move on dari twist di akhir cerita film Saw. Film ini berkisah mengenai fotografer Adam Stanheight dan dokter spesialis kanker Lawrence Gordon yang tiba-tiba terbangun dalam kondisi terborgol pada pipa. Keduanya harus menyelesaikan "puzzle" dari Jigsaw bila ingin keluar dari permainan sadisnya dalam kondisi selamat.

Akhir cerita film Saw mengungkapkan identitas mengejutkan dari tubuh yang terbaring di dalam kamar mandi. Banyak penonton menilai twist tersebut menambah nuansa mencekam sekaligus kompleksitas cerita dalam film ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement