Sabtu 28 Oct 2023 08:04 WIB

Bawa Banyak Uang Tunai ke Bandara? Pikir 2x, Pengalaman Penumpang Ini Bisa Jadi Pelajaran

Penumpang perlu berpikir 2 kali tentang banyaknya uang tunai yang dibawa di tas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Uang tunai (ilustrasi). Penumpang pesawat sebaiknya berpikir dua kali sebelum membawa banyak uang tunai ke bandara.
Foto: Republika/Prayogi
Uang tunai (ilustrasi). Penumpang pesawat sebaiknya berpikir dua kali sebelum membawa banyak uang tunai ke bandara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat bepergian menggunakan pesawat, ada beberapa barang yang dilarang untuk dibawa ke bandara. Beberapa contohnya yakni cairan melebihi batas aturan, benda-benda tajam, kaleng, dan lainnya.

Namun ada juga hal-hal yang secara hukum tidak dilarang seperti membawa uang tunai berlebihan. Penumpang pesawat perlu berpikir dua kali tentang banyaknya uang tunai yang dibawa di tas.

Baca Juga

Di Amerika Serikat, menurut Perlindungan Bea Cukai dan Perbatasan AS (CBP), wisatawan harus mengajukan laporan jika mencoba membawa lebih dari 10 ribu dolar AS dari negara lain ke AS, atau dari AS ke negara lain. Namun pada penerbangan domestik di AS, ada yang tidak memiliki undang-undang atau aturan 10 ribu dolar AS atau lebih, menurut Sammis Law Firm yang berbasis di Florida di situs web mereka.

Sebenarnya, orang bisa membawa berapa pun uang tunai ke bandara.  Demikian pula, Transportation Security Administration (TSA) tidak memiliki aturan batasan uang tunai per orang, menurut situs tersebut, seperti dilansir laman Best Life, Jumat (27/10/2023).

 

Meski begitu, bahayanya bagi wisatawan jika membawa uang tunai terlalu banyak yaitu berpotensi disita petugas. Atlanta News First baru-baru ini melaporkan beberapa kasus di mana petugas Badan Penegakan Narkoba AS (DEA) atau Polisi di Clayton menggeledah orang dan menyita uang di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta.

Petugas yang berpakaian "preman" dilaporkan memeriksa obat-obatan terlarang di tas para wisatawan. Namun berdasarkan catatan polisi dan dokumen pengadilan federal, agen-agen tersebut jarang menemukan obat-obatan terlarang pada penumpang pesawat, menurut Atlanta News First.

Sebaliknya, yang sering kali dicari mereka adalah uang tunai. Outlet berita itu melaporkan, berdasarkan catatan yang ada menunjukkan agen-agen ini telah menyita jutaan dolar dari penumpang di gerbang keberangkatan di Bandara Internasional Hartsfield-Jackson. Uang tunai tersebut kemudian secara administratif hangus sebagai hasil perdagangan narkoba meskipun tidak ada obat terlarang yang ditemukan, menurut Atlanta News First.

Di antara pengunjung yang pernah mengalami penggeledahan, ada aktor pemenang Emmy Jean Elie, yang digeledah oleh petugas narkotika Clayton di jembatan jet penerbangan Atlanta-ke-Los Angeles pada tahun 2020, menurut laporan Atlanta News First. Saat itu, Elie menyebutkan digeledah secara acak, meski agen tidak menemukan apa pun di tas jinjingnya. 

Pengalaman mengerikan dan terburuk...lanjutkan membaca>>

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement