Kamis 26 Oct 2023 15:15 WIB

Alami Migrain, Ini Pilihan Pengobatan dan Pencegahannya

Penanganan migrain dapat dilakukan baik dengan medis maupun herbal.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Sakit kepala migrain. Ada sejumlah upaya untuk mengatasi migrain.
Foto: corbis.com
Sakit kepala migrain. Ada sejumlah upaya untuk mengatasi migrain.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika migrain menyerang, seseorang umumnya akan merasakan sakit cukup hebat di bagian kepala. Seseorang dapat meredakan sakit kepala migrain akut, sering kali melalui kombinasi obat-obatan medis dan perawatan rumahan yang menenangkan. 

Pengobatan medis

Baca Juga

Obat migrain harus diminum segera setelah gejala mulai muncul. Penyedia layanan kesehatan mungkin merekomendasikan obat yang dijual bebas (OTC, tidak memerlukan resep) atau obat resep tergantung pada faktor-faktor seperti tingkat keparahan migrain.

Obat OTC untuk sakit kepala migrain meliputi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti aspirin, Advil atau Motrin (ibuprofen), dan Aleve (naproxen). Kemudian tylenol (asetaminofen), excedrin migrain (asetaminofen, aspirin, dan kafein)

 

Karena potensi bahayanya, pastikan meminum obat, termasuk obat OTC, di bawah perawatan penyedia layanan kesehatan. Obat resep, seperti triptan Imitrex (sumatriptan) atau kombinasi NSAID/triptan Treximet (sumatriptan/naproxen), sering kali diperlukan untuk sakit kepala migrain sedang hingga parah.

Penelitian menemukan bahwa triptan meredakan sakit kepala dalam waktu dua jam pada 76 persen orang yang mengalami serangan migrain akut. Alternatif pengganti triptan adalah Reyvow (lasmiditan), yang memiliki efek serupa tanpa menyebabkan penyempitan pembuluh darah, dan penghambat reseptor peptida terkait gen kalsitonin (CGRP).

Perawatan Rumahan

Jika dikombinasikan dengan pengobatan, berbagai pengobatan rumahan dapat membantu meredakan sakit kepala migrain, yaitu sebagai berikut.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement