Rabu 25 Oct 2023 19:31 WIB

Jenama Sejauh Mata Memandang Luncurkan Koleksi 'Tarum' di Jakarta Fashion Week 2024

Koleksi denim Sejauh Mata Memandang dibuat dengan teknik tenun tangan.

Jenama tekstil Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi bertajuk Tarum yang ditampilkan pertama kali pada ajang pekan mode Jakarta Fashion Week 2024.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Jenama tekstil Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi bertajuk Tarum yang ditampilkan pertama kali pada ajang pekan mode Jakarta Fashion Week 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jenama tekstil Sejauh Mata Memandang meluncurkan koleksi terbaru bertajuk “Tarum” yang ditampilkan pertama kali pada ajang pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2024. Tarum adalah tumbuhan indigo (Indigofera tinctoria), yang menghasilkan warna biru.

"Setelah melalui proses panjang, kami sangat gembira bisa menghadirkan koleksi ‘Tarum’, denim yang dibuat dengan teknik tenun tangan (handwoven) secara bertanggung jawab," ucap pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang Chitra Subyakto melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Warna biru khas tarum turut mendominasi koleksi denim ramah lingkungan yang diluncurkan Sejauh Mata Memandang. Terdapat empat jenis benang yang digunakan dalam pembuatan denim koleksi “Tarum”, di antaranya benang daur ulang (recycled yarn), benang katun yang dipintal secara manual dengan tangan (handspun yarn), serta dua benang katun yang masing-masing diwarnai menggunakan tumbuhan tarum yang menghasilkan rona kebiruan dan juga kayu secang yang secara manis menghasilkan warna coklat kemerahan.

Chitra mengungkapkan sudah lama tertarik untuk mengeksplorasi denim. Namun, terkendala dengan proses yang pada umumnya menggunakan banyak air dan energi sehingga kurang ramah lingkungan.

"Tarum" adalah eksplorasi lanjutan dari koleksi "Baur", saat mendesain koleksi itu Sejauh Mata Memandang juga memikirkan hasil akhir produk, penggunaan air yang sangat minim, serta lebih ramah lingkungan.

Keseluruhan proses pemintalan benang, pewarnaan benang, dan penenunan dilakukan oleh mitra pengrajin Sejauh Mata Memandang di beberapa tempat di Jawa Tengah. Selain itu, benang daur ulang yang dipakai untuk koleksi “Tarum” diperoleh dari program pengumpulan pakaian bekas tidak layak pakai yang dilakukan oleh Sejauh Mata Memandang bersama EcoTouch.

Mitra penenun yang terlibat....

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement