Rabu 25 Oct 2023 19:20 WIB

Meski Masih Nol Kasus, Sleman Waspadai Penularan Penyakit Cacar Monyet

Pada manusia, gejala cacar monyet dimulai dengan demam, sakit kepala, dan nyeri otot.

Pasien cacar monyet (ilustrasi). Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mewaspadai cacar monyet meskipun penyakit tersebut belum ditemukan di sana.
Foto: CDC
Pasien cacar monyet (ilustrasi). Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mewaspadai cacar monyet meskipun penyakit tersebut belum ditemukan di sana.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta waspada menghadapi penularan cacar monyet. Pemkab Sleman tetap berjaga-jaga meskipun penyakit zoonosis yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox itu belum ditemukan di sana.

"Meski belum ada temuan kasus penyakit cacar monyet, kami tetap waspada terhadap potensi penyebaran cacar monyet," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Khamidah Yuliati di Sleman, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan, dia mengatakan, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi penularan virus penyebab penyakit cacar monyet. Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menyosialisasikan upaya pencegahan penyakit cacar monyet kepada warga.

"Kami imbau kepada masyarakat, apabila mengalami gejala atau tanda-tanda sakit segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan," kata Khamidah.

 

"Kami juga mengimbau warga untuk terus menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," katanya.

Virus cacar monyet dapat menular ketika seseorang bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi, orang yang terinfeksi, atau bahan yang terkontaminasi virus. Virus itu dapat menular dari hewan ke manusia melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi dan menular dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau luka pada orang yang terinfeksi.

Pada manusia, gejala cacar monyet dimulai dengan demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Cacar monyet juga menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati).

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement