Rabu 25 Oct 2023 19:20 WIB

Kesemutan Hingga Sakit Kepala Jadi Gejala Stroke, Dokter: Datangnya Tiba-Tiba

Gejala stroke biasanya terjadi hanya pada satu sisi bagian tubuh.

Gejala stroke umumnya datang secara mendadak dan hanya terjadi pada satu sisi tubuh.
Foto: www.freepik.com
Gejala stroke umumnya datang secara mendadak dan hanya terjadi pada satu sisi tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar neurologi lulusan Universitas Diponegoro dr Sigit Dewanto H, SpN, FINS, FINA, mengatakan, kesemutan yang menjadi gejala stroke biasanya terjadi di satu sisi tubuh kiri atau kanan. Kesemutan biasanya tidak terjadi di kedua sisi.

"Kelemahan atau kesemutan pada wajah, tangan dan kaki, biasanya satu sisi dulu, jadi kanan atau kiri. Kalau kesemutan empat-empatnya, tangan dua, kaki dua, itu bukan stroke. Atau kesemutan tangan saja, itu juga bukan stroke," kata dia, dalam 'Small Group Media Discussion RSPI bertema Penanganan Stroke dengan Teknologi Terdepan', di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Stroke merupakan keadaan terganggunya peredaran darah ke otak secara tiba-tiba atau mendadak, biasanya dapat disebabkan oleh tersumbat atau pecahnya pembuluh darah di otak. Hal ini menyebabkan terputusnya asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan otak, sehingga jaringan otak menjadi rusak. 

Berbicara gejala, selain kesemutan pada wajah, tangan dan kaki, tanda stroke juga meliputi nyeri kepala, pingsan atau tidak sadar, vertigo atau pusing berputar.

"Bisa beda-beda gejalanya, karena otak kita kayak komputer. Jadi yang rusak yang mana, itu yang menyebabkan gejalanya, semisal tiba-tiba enggak bisa mendengar, mencium, lupa-lupa," tutur dia.

Khusus nyeri kepala tanda stroke, biasanya tidak pernah dirasakan sebelumnya oleh pasien, terasa sangat hebat, berbeda dengan sakit kepala yang lain. Gejala stroke lainnya, yakni kebingungan, kesulitan bicara, kesulitan melihat, kesulitan berjalan atau mengalami gangguan keseimbangan dan semua ini terjadi tiba-tiba.

"Yang namanya stroke. Selalu gejalanya tiba-tiba. Kalau ada gejala sebelumnya, mungkin bukan stroke, yang lain, misalnya tumor otak," kata Sigit.

Dia mengatakan, saat ini stroke dan serangan jantung membunuh lebih dari 15 miliar orang per tahun. Dua penyakit ini banyak dialami individu berusia di bawah 65 tahun dan seharusnya dapat dicegah. Khususnya stroke, diketahui memiliki kemungkinan adanya gejala sisa atau cacat yang tinggi.

"Penyakit lain mungkin bisa sembuh sempurna, tetapi kalau stroke ini banyak yang cacat," demikian kata Sigit. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement