Rabu 25 Oct 2023 21:10 WIB

Cara Mudah Cegah Tertular Cacar Monyet

Cacar monyet adalah penyakit akibat virus yang dapat ditularkan melalui hewan.

 Risiko penularan cacar monyet dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh atau lesi pada kulit atau mukosa, termasuk dapat dari hewan yang terinfeksi./ilustrasi
Foto: Pixabay
Risiko penularan cacar monyet dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh atau lesi pada kulit atau mukosa, termasuk dapat dari hewan yang terinfeksi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG---Dinas Kesehatan Kota Tangerang mengimbau masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) termasuk menghindari perilaku seks berisiko karena sebagian besar kasus positif monkeypox atau cacar monyet terjadi pada populasi berisiko.

"Di Kota Tangerang hingga saat ini tidak ditemukan kasus positif monkeypox. Kami tetap imbau terapkan pola hidup bersih dan sehat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang Rabu (25/10/2023).

Baca Juga

Ia menuturkan cacar monyet adalah penyakit akibat virus yang dapat ditularkan melalui hewan yang terinfeksi maupun orang ke orang. Risiko penularan cacar monyet dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh atau lesi pada kulit atau mukosa, termasuk dapat dari hewan yang terinfeksi.

"Virus ini dapat menyebar antara manusia ke manusia lainnya melalui kontak langsung secara fisik seperti luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh penderita maupun tidak langsung. Jika cairan tubuh atau luka penderita menyentuh benda yang terkontaminasi seperti pakaian atau seprai dan kita yang sehat menyentuhnya maka dapat tertular juga. Jadi, penyebarannya cukup cepat dan mudah," jelasnya.

 

Ia melanjutkan, gejala-gejala yang ketika mengalami cacar monyet sama seperti dengan gejala cacar air. Mulai dari demam akut 38 derajat celsius, nyeri otot, pusing, kelelahan hingga timbulnya lesi cacar, koreng atau benjolan berisi air atau nanah pada tubuh. Namun, perbedaannya adalah cacar monyet akan menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

"Dalam satu hingga tiga hari atau lebih, setelah demam penderita akan mengalami ruam yang dimulai pada wajah dan akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pada umumnya, ini akan berlangsung selama dua hingga empat Ahad," lanjutnya.

Oleh karena dr Dini mengimbau masyarakat Kota Tangerang agar tetap menerapkan PHBS. Selain itu, apabila masyarakat Kota Tangerang mengalami gejala-gejala di atas maka disarankan agar dapat segera mendatangi fasilitas layanan kesehatan.

"Terus terapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir hingga bersih. Jika mengalami gejala-gejala tersebut langsung mendatangi fasilitas layanan kesehatan atau rumah sakit terdekat agar segera ditangani oleh tenaga kesehatan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement