Selasa 24 Oct 2023 03:28 WIB

Dita Karang, Idol K-Pop dari Indonesia yang ‘Kenalkan’ Budaya Nusantara Hingga Wudhu

Dita Karang kerap mempromosikan budaya di Indonesia di setiap penampilannya di Korea.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Qommarria Rostanti
Dita Karang. Personel grup K-pop Secret Number ini kerap memperkenalkan budaya Indonesia di Korea.
Foto: Dok. Instagram/@dita_karang1296
Dita Karang. Personel grup K-pop Secret Number ini kerap memperkenalkan budaya Indonesia di Korea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai idol K-pop perempuan pertama asal Indonesia, Dita Karang kerap mempromosikan kebudayaan Indonesia dalam berbagai kesempatan. Dita melakukan debutnya sebagai idol K-pop bersama grup Secret Number pada Mei 2020.

Perempuan kelahiran Yogyakarta tersebut telah memiliki cita-cita untuk menjadi idol K-pop sejak masih duduk di bangku sekolah. Dalam sebuah siaran live, Dita mengungkapkan bahwa pada awalnya dia hanya berencana untuk menekuni karier sebagai backup dancer di Korea Selatan. Dia bahkan berhasil bergabung dengan komunitas penari ternama di Korea Selatan, 1MILLION Dance Studio.

Baca Juga

Namun berkat talentanya yang gemilang, Dita berhasil lolos dalam audisi yang digelar oleh agensi Vine Entertainment. Sejak saat itulah, perjalanan Dita sebagai idol K-pop perempuan pertama asal Indonesia dimulai.

Sejak melakukan debut sebagai idol, Dita kerap memanfaatkan platformnya untuk mempromosikan budaya-budaya Indonesia. Hingga saat ini pun, Dita tetap konsisten mempromosikan kebudayaan Indonesia dalam berbagai kesempatan.

 

Belum lama ini misalnya, Dita menjadi trending topic setelah tampil sebagai bintang tamu dalam acara Knowing Bros yang disiarkan JTBC. Dalam acara tersebut, Dita tampak memukau banyak orang setelah menunjukkan kemampuannya dalam menari Legong Keraton.

Selain Legong Keraton, ada beragam kebudayaan Indonesia lain yang pernah dipromosikan oleh Dita. Berikut ini adalah sebagian di antaranya:

1. Tari Pendet

Saat menjadi bintang tamu dalam Idol Live School, Dita sempat mempromosikan tari tradisional asal Bali, yaitu Tari Pendet. Dita juga memeragakan tarian tersebut dengan sangat luwes diiringi alunan musik Bali.

Tak hanya berhasil membawakan Tari Pendet dengan gemulai, Dita juga terlihat memukau dengan tatapan matanya yang tajam. Penampilan Dita kala itu disambut dengan respons positif dari pembawa acara dan juga rekan-rekan satu grupnya.

2. Batik

Dalam beberapa kesempatan, Dita kerap tampil dalam balutan motif batik khas Indonesia. Dalam siaran live perayaan satu tahun Secret Number misalnya, Dita tampil kasual dengan kemeja bermotif garis yang dihiasi dengan corak batik pada sisi kiri baju dan kedua sisi lengannya.

Saat berpartisipasi dalam acara Diplomat Talks yang disiarkan Arirang TV, Dita juga tampil dengan menggunakan hanbok bermotif batik. Perpaduan dua budaya dalam pakaian yang dikenakan oleh Dita berhasil memukau banyak orang kala itu.

Dita juga pernah mencuri perhatian saat menghadiri "Resepsi Diplomatik KBRI Seoul 2022" dalam balutan gaun rancangan Wirama Pratama. Gaun tersebut menonjolkan corak batik dari Iwan Tirta yang menambah keanggunan Dita.  

Kuliner Indonesia...lanjutkan membaca>>

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement