Senin 23 Oct 2023 18:33 WIB

Lebih dari 120 Desainer Mode Unjuk Karya di Jakarta Fashion Week 2024

JFW 2024 mengusung tema 'Fashion Continuum: Bridging Generations'.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Konferensi pers pembukaan Jakarta Fashion Week 2024 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, Senin (23/10/2023).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Konferensi pers pembukaan Jakarta Fashion Week 2024 di Pondok Indah Mall 3, Jakarta, Senin (23/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 telah resmi dibuka pada Senin (23/10/2023). Bertempat di City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan, pekan mode tersebut akan berlangsung hingga Ahad (29/10/2023).

Terdapat lebih dari 120 perancang mode lintas generasi yang unjuk karya di JFW 2024. Membuka gelaran JFW 2024, Chairwoman Jakarta Fashion Week, Svida Alisjahbana, mengatakan JFW adalah katalisator perkembangan fashion Tanah Air, yang menggabungkan tren, kecantikan, inovasi, dan kolaborasi dalam perayaan fashion.

Baca Juga

Svida menyampaikan, tren mode terus bergulir dan berubah seiring waktu. Terlebih, sejak berakhirnya era pandemi Covid-19. Jika di masa pandemi "piyama" yang mengemuka, kini banyak orang kembali mengekspresikan dirinya lewat busana yang dikenakan.

Dari tahun ke tahun, selama 16 tahun penyelenggaraan JFW, Svida mengatakan JFW sebenarnya  tidak pernah mengusung tema tertentu. Pasalnya, tiap desainer sudah memiliki tema untuk koleksi busananya masing-masing.

 

Namun, berbeda dengan tahun ini, di mana JFW 2024 mengusung tema "Fashion Continuum: Bridging Generations". Maknanya, fashion yang terus berlanjut dan menjembatani antargenerasi untuk terus menghidupkannya.

"Kami ingin merangkum 16 tahun perjalanaṇ Jakarta Fashion Week, dengan merayakan transisi antargenerasi tersebut," ujar Svida pada pada konferensi pers pembukaan JFW 2024, Senin (23/10/2023).

CEO GCM Group itu menyampaikan, JFW 2024 diawali dengan peragaan busana bertajuk "Perayaan 44 Tahun Lomba Perancang Mode (LPM)". Selama tujuh hari, JFW 2024 pun menghadirkan serangkaian program dan penghargaan yang sudah melalui proses kurasi cermat. Para perancang mode nasional dan internasional menampilkan karya-karya terbaiknya di runway.

Deretan desainer dan jenama itu termasuk Oscar Lawalata Culture, Ivan Gunawan, Didiet Maulana, Danjyo Hiyoji, Ernesto Abram, dan Stellarissa. Begitu juga Sejauh Mata Memandang, Tanah Le Sae, Buttonscarves, IKYK, Ria Miranda, dan masih banyak lagi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada rangkaian acara Dewi Fashion Knights. Acara puncak itu hadir dalam dua sesi, yakni #DFK2023 "The Visionary" untuk kategori ready-to-wear yang visioner, serta #DFK2023 "The Artistry" yang terdiri dari perancang mode adibusana.

Tidak hanya menampilkan peragaan busana di runway, ada pameran dan pop-up-store yang dapat dikunjungi publik. Fashionlink yang berada di atrium PIM 3 lantai tiga menyediakan produk-produk mode dan kecantikan dari JFW. Sedangkan, koleksi mode dan kecantikan premium dari para desainer dan jenama JFW terkemuka ada di Dewi’s Luxe Market.

"Langkah demi langkah, hingga tahun ke-16 ini, rasanya semakin membawa arti untuk landscape fashion Indonesia," kata Svida tentang harapannya terkait gelaran JFW 2024.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement