Ahad 22 Oct 2023 12:15 WIB

Tak Hanya Kalsium, Ini Zat yang Diperlukan Agar Terhindar dari Risiko Osteoporosis

Kalsium bukan satu-satunya zat yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

Rep: Desy Susilawati / Red: Friska Yolandha
Minum susu bisa cegah osteoporosis.
Foto:

Salah satu sumber vitamin D terbesar yang bisa didapatkan berasal dari sinar matahari. Oleh karena itu, berjemur selama setidaknya 10-15 menit.

Vitamin D juga bisa diperoleh dari pil vitamin D atau dari makanan seperti ikan, kuning telur, hingga jamur maitake.

2. Magnesium

Selain kalsium, magnesium juga memiliki manfaat yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Magnesium merupakan salah satu zat mineral yang juga berperan penting dalam kesehatan tubuh kita, salah satunya yaitu tulang. 

Sekitar 60 persen zat magnesium dalam tubuh kita ditemukan di dalam tulang, sehingga magnesium juga berperan dalam membentuk kekuatan tulang. Pria dewasa membutuhkan magnesium 400 mg, sedangkan wanita dewasa sekitar 310 mg. Zat magnesium bisa ditemukan dalam makanan seperti pisang, dark chocolate, kacang-kacangan, dan sayur bayam.

3. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang juga berperan dalam menjaga tulang tetap kuat, serta mempercepat penyembuhan tulang yang mengalami kerusakan seperti retak hingga patah. Untuk setiap kilogram berat badan orang dewasa, dibutuhkan sekitar 0.001 mg vitamin K, maka bila Anda orang dewasa dengan berat badan 50 kg, maka kebutuhan vitamin K Anda sebesar 0,050 mg setiap hari.

Kebutuhan vitamin K bisa didapatkan melalui makanan seperti sayuran-sayuran hijau dan buah-buahan, atau dapat melalui konsumsi tablet vitamin K yang sudah diresepkan sesuai dari dokter dan apoteker.

4. Boron

Boron juga termasuk dari mineral alami yang dapat mempengaruhi kerja zat lainnya termasuk kalsium, magnesium, dan vitamin K untuk dapat bekerja dengan optimal dalam menjaga kesehatan tulang. 

Kandungan boron juga berguna untuk pembangunan otot dalam tubuh yang dapat melindungi tulang dari risiko retak hingga patah. Maka pada dewasa membutuhkan 3 sampai 6 mg per hari. Boron biasanya sulit untuk ditemukan dalam bentuk suplemen tablet, namun tersedia dalam makanan seperti kismis, buah plum, dan alpukat mentah.

Itu dia beberapa zat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu jangan lupa luangkan waktu untuk berolahraga untuk memaksimalkan nutrisi-nutrisi tersebut dan membuat tulang Anda menjadi lebih kuat.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement