Kamis 19 Oct 2023 22:02 WIB

Tiktok Music Luncurkan Fitur Baru yang Mudahkan Pengguna Temukan Musik Favorit

Tiktok Music menawarkan koleksi lagu dari ribuan label dan artis.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Putri Ariani di rekaman Tiktok Music Live. Tiktok Music mengumumkan rangkaian fitur baru untuk membantu penemuan musik para penggunanya.
Foto: Republika/Meiliza Laveda
Penyanyi Putri Ariani di rekaman Tiktok Music Live. Tiktok Music mengumumkan rangkaian fitur baru untuk membantu penemuan musik para penggunanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiktok Music mengumumkan rangkaian fitur baru untuk membantu penemuan musik para penggunanya. Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mendengar, mengunduh, dan membagikan lagu lengkap kepada komunitasnya, serta beralih dari Tiktok ke Tiktok Music dengan mudah.

Salah satu fitur penemuan musik yang baru diluncurkan yaitu "Mode Pesta (Party It)". Gunanya, untuk pengalaman mendengarkan musik kolaboratif yang dipersonalisasi. Ada juga "FYP Tuning", yang memungkinkan pengguna memilih berbagai suasana dan mood musik dengan menggeser layar ke kanan.

Baca Juga

Fitur "Tonik" adalah asisten pribadi untuk penemuan musik yang ditenagai oleh ChatGPT. Pengguna Tiktok Music dapat mengajukan pertanyaan seputar musik pertanyaan kepada Tonik untuk mencari musisi, lagu, atau daftar putar, bertanya tentang berita konser musik terkini, mengetahui cerita di balik lagu tertentu, dan masih banyak lagi.

Artist Promotions Lead TikTok Music SEA, Matthew Tanaya, menyampaikan bahwa Tiktok Music telah mendapat sambutan yang sangat hangat dari penggemar musik di Indonesia sejak diluncurkan pertengaham 2023. "Kami sangat senang dapat menghadirkan lebih banyak fitur untuk pengguna kami. Kami juga berharap dapat membantu komunitas kami untuk menemukan dan berbagi lebih banyak musik di Tiktok Music," kata Matthew melalui pernyataan resminya.

Tiktok Music menawarkan koleksi lagu dari ribuan label dan artis, pengalaman mendengarkan musik bebas iklan tanpa gangguan, dan fungsi unduh musik untuk didengarkan secara daring. Sebagai layanan musik berlangganan premium, Tiktok Music ingin menawarkan pengalaman mendengarkan musik dengan kualitas audio terbaik, sekaligus membuka peluang dan aliran pendapatan bagi artis dan pemegang hak cipta.

Saat ini, Tiktok Music tersedia di lima negara, antara lain Indonesia, Brasil, Meksiko, Singapura, dan Australia. Semua pengguna baru TikTok Music dapat memanfaatkan uji gratis selama satu bulan. Selain berbagai fitur baru yang diumumkan, Tiktok Music menawarkan beragam fitur streaming musik sosial.

Memakai fitur "Sync dengan TikTok", pengguna bisa melakukan sinkronisasi akun Tiktok & Tiktok Music dengan mudah. Fitur "Mainkan Hits Tiktok" bisa digunakan untuk mendengarkan versi lengkap dari lagu-lagu yang sedang trending di Tiktok.

Ada pula "Penemuan Musik dengan Tiktok" untuk merekam perjalanan penemuan musik di Tiktok dan menemukan lagu-lagu di Tiktok Music. Sementara, fitur "Temukan Musik Yang Lebih Dipersonalisasi" bisa mengeksplor lagu khusus untuk pengguna.

Fitur lain yang juga menarik termasuk "Temukan Artis/Musisi Yang Baru dan Sedang Naik Daun", "Temukan Komunitas Musik Anda", "Bernyanyi dengan Lirik Lagu Waktu Nyata (Real-Time)", "Buat Daftar Lagu Kolaboratif dengan Teman-Teman", "Impor Perpustakaan Musik Anda", dan banyak lagi.

 

n Shelbi Asrianti

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement