Kamis 19 Oct 2023 21:41 WIB

Awal Mula Lagu Budi Doremi Dituduh Plagiat Lagu Hingga Akhirnya Bikin Surat Terbuka

Lagu Budi Doremi yang dinyanyikan Caitlin Halderman dituduh hasil plagiat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Penyanyi Budi Doremi. Lagu Budi yang dinyanyikan oleh Caitlin Halderman berjudul Dengarlah Pintaku dituduh menjiplak lagu milik Keleham.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Penyanyi Budi Doremi. Lagu Budi yang dinyanyikan oleh Caitlin Halderman berjudul Dengarlah Pintaku dituduh menjiplak lagu milik Keleham.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Caitlin Halderman baru saja merilis lagi berjudul "Dengarkan Pintaku". Potongan lagu ini juga diunggah dalam akun Instagram @caitlinhalderman. Namun postingannya ini mendapatkan banyak komentar negatif, bahkan dituding lagu hasil plagiarisme.

Lagu ini diklaim milik seorang musisi asal Samarinda yang memiliki akun instagram @keleham. Kabarnya lagu ini telah dibuat dan dinyanyikan olehnya dua tahun lalu. 

Baca Juga

Teman-teman Keleham bahkan memborbardir media sosial milik Caitlin dan mengatakan dirinya sebagai plagiat. Komentar-komentar mereka datang dengan pedasnya.

Seperti akun @imasegaf, ia mengatakan,"Reff-nya sama persis dengan lagunya @keleham-tak mungkin".

 

Akun @reggastnt_ memberikan komentar,"WKWK KANG NYOMOT, MINIMAL KREATIFLAH."

Akun @mhmd_amrullah, "Sama liriknya dengan lagu @keleham, tapi itu lagu dua tahun lalu sih".

Namun, ternyata banyak yang membela Caitlin. Mereka mengatakan bahwa lagu yang dinyanyikan Caitlin adalah milik Budi Doremi yang sudah dibuat sejak 2018. 

Para penggemar ini melibas habis komentar negatif yang ditujukan kepada Caitlin dan Budi Doremi. Bahkan Budi telah membuat surat terbuka di akunnya dan akan menempuh jalur hukum jika pihak Keleham tidak menunjukkan itikad baik dengan menunjukkan bukti bahwa "Dengarkan Pintaku" adalah benar karyanya.

"Teman-teman, sebelum berkomentar yg tidak-tidak ke Caitlin/Budi Doremi. Liat dulu IG story/hightlight-nya @budid0remi ya. Lagu ini sudah pernah dibawain Budi di IG Live tahun 2018 (5 tahun lalu), unofficial. Fans-nya Budi aja ada yang cover lagu ini tahun 2019. Lagu ini muncul lagi di 2023 secara official karena lagu ini ternyata pas sama isi curhatannya @caitlinhalderman. Yang kemudian oleh Budi disesuaikan lagi lirik-liriknya. Saran saya, hati-hati sblm berkomentar/menuduh yang tidak-tidak tentang seseorang ya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement