Kamis 19 Oct 2023 15:35 WIB

Kisruh Kontrak EXO dengan SM Entertainment, Siapa Member yang Pertama Kali Hengkang?

EXO menjadi perbincangan terkait kontrak dengan agensinya, SM Entertainment.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop EXO. Belakangan ini grup EXO diberitakan karena kisruh kontrak dengan agensi SM Entertainment.
Foto: EPA
Grup K-pop EXO. Belakangan ini grup EXO diberitakan karena kisruh kontrak dengan agensi SM Entertainment.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Dalam beberapa waktu terakhir, anggota EXO menjadi perbincangan utama dunia K-pop karena serangkaian konflik kontrak dengan agensi mereka, SM Entertainment. Pada Juni lalu, tiga anggota EXO yakni Baekhyun, Xiumin, dan Chen, dikabarkan mengalami masalah terkait pendapatan mereka.

Ketiga anggota EXO itu mengirim pemberitahuan pemutusan kontrak kepada SM Entertainment. Selama beberapa bulan berikutnya, mereka terlibat dalam perundingan kontroversial dengan label tersebut. Ketiga anggota itu akhirnya memutuskan untuk tetap bersama SM Entertainment, setelah menyelesaikan perselisihan mereka dengan perusahaan hiburan tersebut.

Baca Juga

Kontroversi berkembang lebih lanjut pada 17 Oktober 2023, ketika muncul laporan bahwa anggota EXO lain yakni Sehun dan Chanyeol telah memilih untuk mengejar karier solo di bawah naungan agensi yang berbeda. Keduanya dikabarkan menjauh dari SM Entertainment. Dalam perkembangan terbaru, para anggota EXO akan terus mempromosikan aktivitas grup bersama SM Entertainment, tetapi mereka juga memiliki opsi untuk mempromosikan aktivitas solo dengan label lain sesuai dengan kontrak baru yang direvisi.

Dalam berita yang terus berkembang mengenai masalah kontrak anggota EXO dengan SM Entertainment, warganet Korea memulai diskusi mengenai anggota EXO pertama yang secara resmi meninggalkan agensi, setelah berakhirnya kontraknya. Lay adalah anggota pertama yang meninggalkan SM Entertainment setelah kontraknya berakhir pada 2022.

 

Warganet korea berkumpul di komunitas daring terkenal, theqoo, untuk membahas tentang anggota EXO pertama yang secara sah meninggalkan agensi setelah berakhirnya kontraknya. "Dia tidak meninggalkan grup, tidak mengajukan tuntutan apapun terhadap SM, dan tidak terlibat dalam kontroversi apa pun, baik di kehidupan pribadinya maupun profesionalnya. Dia hanya memenuhi kontraknya selama 10 tahun dan kemudian keluar," tulis warganet dilansir laman Allkpop, Kamis (19/10/2023).

"Namun, dia hampir tidak terlibat dalam aktivitas EXO. Apakah itu dianggap baik?," ujar warganet yang lain.

"Dia hanya mengisi sisa waktu di kontraknya dan tidak aktif dengan grup”.

"Dia mengatakan bahwa dia masih berteman dengan anggota EXO”.

"Dia sibuk dengan promosi solo di Tiongkok, sehingga dia bahkan tidak berpromosi dengan grupnya”.

"Apa yang kamu maksud dengan dia tidak ada masalah? Dia bahkan tidak berpromosi dengan grupnya saat kontraknya masih berjalan”.

"Mengapa dia tidak berpromosi dengan grup?".

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement